Sukses

Cardig Aero Dicaplok Perusahaan Singapura

Perusahaan asal Singapura, SATS Ltd, menggeluti bisnis layanan penerbangan dan distribusi makanan.

Perusahaan layanan penerbangan asal Singapura, Singapore Airport Terminal Services Ltd (SATS) SATS Ltd, mengakuisisi 41,65% saham PT Cardig Aero Services Tbk (CAS) senilai 118,3 juta dolar Singapura atau setara Rp 1,1 triliun.

SATS merupakan perusahaan yang bergerak di layanan penerbangan dan distribusi makanan, atau sektor bisnis yang juga dilayani Cardig Aero. Selama ini Cardig telah telah menghiasi sekitar 17 Bandar Udara (Bandara) di Indonesia.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (20/2/2014), keputusan SATS mengakuisisi Cardig merupakan langkah yang bisa mendukung strategi perusahaan meningkatkan bisnis layanan penerbangan dan makanan yang digelutinya.

Perusahaan yang berbasis di Singapura itu mengatakan langkah mengakuisisi Cardig Aero membuka peluang bagi SATS untuk menjajaki sejumlah bisnis di Indonesia. Maklum, saat ini ekonomi Indonesia tercatat tengah mengalami pertumbuhan.

Sejauh ini, SATS memang memiliki hubungan kerjasama yang kuat dengan melalui perusahaan patungannya dengan CAS. Perusahaan itu dikenal dengan sebutan PT Jasa Angkasa Semesta.

Presiden dan CEO SATS Alexander Hungate mengatakan, aksi akuisisinya itu melahirkan sejumlah peluang untuk menghubungkan konsumen dari kedua perusahaan di ASEAN.

Dengan akuisisi tersebut, SATS juga berharap terjadi peningkatan pendapatan dari 184,8 juta dolar Singapura menjadi 184,9 juta pada Maret 2014.

Mengutip keterangan tertulisnya, SATS melalui anak usahanya SATS Investment Pte Ltd dan Cemerlang Pte Ltd telah menandatangani perjanjian jual beli (sale & purchase agreement/SPA) dengan Puncak Cemerlang BV dan Bintang Nusantara Ltd.

Kedua anak usaha SATS ini mengambil alih 869.220.800 saham Cardig Aero Service Tbk.

Dalam skema pembelian ini, SIPL akan menguasai 21,65% saham Cardig. Untuk mengakuisisi saham Cardig tersebut, SIPL harus mengalokasikan dana hingga Rp 576,1 miliar.

Sementara sisa pembelian saham Cardig lainnya dikuasai Cemerlang Pte Ltd dengan porsi 20%. Perusahaan harus merogoh dana hingga Rp 532,2 milair.

Sebelum akuisisi ini berlangsung, struktur pemegang saham Cardig Aero Service dikuasai oleh Cardig Asset Management sebesar 43,35%, Puncak Cemerlang BV 37,97%, dan publik 18,68%. (Sis/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini