Sukses

Orang Terkaya Dunia Sindir Miliarder Penyumbang Rp 1,18 Triliun

Kedua orang terkaya dunia ini sama-sama menyumbang dana untuk program pemberantasan polio di dunia.

Sudah bukan rahasia lagi, banyak miliarder yang tak hanya terkenal kaya raya tapi juga populer karena kemurahan hatinya. Baru-baru ini, CEO Oracle, Larry Ellison rela merogoh uang hingga US$ 100 juta atau setara Rp 1,18 triliun untuk memberantas penyakit polio di dunia.

Tahun lalu Ellison hanya menyumbang dana sebesar US$ 20 juta. Mengaku puas dengan cara kerja dari lembaga penerima dananya itu, orang kaya yang baru membeli sebuah pulau di Hawai ini memutuskan menyumbang donasi sebesar US$ 80 juta hingga 2017.

Namun langkah dermawan Ellison ini tampaknya `mengganggu` mantan bos Microsoft Bill Gates yang telah lebih dulu terlibat dalam program yang sama.

Mengutip Business Insider, Kamis (20/2/2014), Bill Gates melalui akun Twitter pribadinya menyampaikan ucapan terima kasih pada Ellision karena donasinya tersebut. Orang terkaya dunia ini menyebut Ellison sebagai teman baik yang telah memberikan keyakinan bahwa polio akan dapat segera diberantas.

Sebetulnya, ucapan terima kasih yang disampaikan Gates merupakan hal yang biasa. Namun, kicauan pemilik Microsoft ini menjadi menarik karena Gates dan Ellison jelas bukan sahabat baik. Hawa persaingan diantara kedua orang terkaya di dunia ini terkenal paling panas karena bersama-sama terlibat di pasar software global.

Tengok saja apa yang terjadi 14 tahun silam. Pada 2000, Gates yang masih memimpin Microsoft harus berhadapan dengan tim investigasi terkait pelanggaran kepercayaan konsumen. Hal yang membuatnya berang, Ellison dikabarkan membayar sejumlah penyidik pribadi untuk menggali lebih dalam kasus yang tengah menghadang pesaingnya tersebut.

Kisah persaingan inipula yang membuat banyak pihak cukup heran dengan pernyataan Gates yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ellison.

Dibalik cerita persaingan dua orang terkaya di bidang teknologi ini, sumbangan Ellison dipastikan tetap bergulir pada anak-anak penderita polio di seluruh dunia. Lewat Global Polio Eradication Initiative, Ellison bermimpi bisa membantu penyandang polio paling tidak dalam lima tahun ke depan.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini