Sukses

Para Pedagang Pasar Rela Perbaiki Tokonya Sendiri

Pasar-pasar tradisional di sekitar wilayah letusan Gunung Kelud Jawa Timur mulai kembali beroperasi.

Pasca letusan Gunung Kelud di Jawa Timur, pasar-pasar tradisional di sekitar wilayah tersebut mulai kembali beroperasi, setelah sempat terhenti karena terkena sebaran abu vulkanik dari erupsi gunung tersebut.

"Kita sudah menerima laporan, belum ada yang berhenti operasi karena letusan tersebut," ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2014).

Bayu menjelaskan, masyarakat di sekitar wilayah tersebut telah memahami bahwa kerusakan ini merupakan resiko dari bencana alam, sehingga pedagang melakukan perbaikan terhadap tokonya sendiri.

"Ada yang rusak dan sebagainya. Ada yang ditangani mereka sendiri, ditangani pemda, kita lakukan perbaikan. Sampai saat ini belum ada satupun pasar yang berhenti operasi karena Kelud. Semua berjalan," lanjut dia.

Menurutnya, kerusakan banyak terjadi pada kondisi toko di pasar yang atapnya banyak bolong. Namun hal ini tidak mengganggu aktifitas jual beli di pasar-pasar tersebut.

"Memang ada abu yang mengenai, atapnya bolong. Pada saat kita data, nggak ada yang bilang sangat terganggu. Pasarnya berjalan seperti biasa. Ada kerusakan sana-sini yang mereka atasi sendiri," tandas dia. (Dny/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Pasar Tradisional Dekat Letusan Gunung Kelud Mulai Dibuka

Pasokan Sayur dan Buah Jatim Terganggu, 2 Daerah Jadi Pengganti

Pasokan Cabai Bakal Berkurang Imbas Letusan Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.