Sukses

Ingin Mulai Bisnis Perhiasan? Yuk Simak Tipsnya

Bisnis perhiasan buatan tangan ternyata cukup menggiurkan. Tertarik untuk memulai bisnis ini? Yuk simak ulasan tipsnya.

Bisnis perhiasan buatan tangan ternyata cukup menggiurkan. Asalkan Anda mengetahui untuk membuat dan memasarkan kreasi perhiasan hasil tangan Anda maka itu jadi modal utama.

Permintaan untuk perhiasan buatan tangan (handmade jewelry) sangat besar. Apalagi kaum perempuan begitu menyukai perhiasan untuk menunjang penampilan mereka. Perhiasan buatan tangan yang unik, menarik, simpel akan dapat menarik perhatian kaum perempuan. Oleh karena itu, usaha barang kreatif ini cukup menguntungkan.

Namun, Anda harus tahu cara yang tepat untuk mempromosikan kreasi perhiasan buatan tangan sendiri. Dengan promosi tepat dapat meningkatkan penjualan. Apalagi jika tidak memiliki toko dan ruang untuk menjual kreasi buatan tangan Anda.

Saat ini, lewat internet telah membuat jalan bagi pengusaha kecil dan individu untuk menjual produk kreatif mereka termasuk perhiasan buatan tangan bagi konsumen yang lebih besar. Ingin tahu bagaimana memasarkan produk perhiasan Anda. Yuk mari simak ulasan tips ini seperti dikutip dari laman Buzzle, Minggu (23/2/2014):

1. Buat Pesta Perhiasan

Saat ini, banyak ibu rumah tangga dengan bakat kreatif menghasilkan uang dengan menjual perhiasan buatan tangan dari rumah mereka sendiri. Mungkin cara ini dapat dicontoh untuk memasarkan produk Anda dengan mengadakan pesta perhiasan di rumah.

Anda dapat mengundang tetangga, teman, dan anggota keluarga dalam pesta tersebut. Anda dapat menawarkan produk perhiasan buatan tangan Anda yang menarik kepada para tamu pesta. Tak lupa juga sediakan makanan ringan dan minuman.

2. Kerja Sama dengan Toko Online

Salah satu cara termudah untuk menjangkau target pelanggan dengan menampilkan barang Anda dalam situs online. Dengan biaya relatif kecil, perhiasan buatan tangan Anda dapat dilihat di seluruh dunia.

Pilihan lainnya, Anda juga dapat bermitra dengan butik, toko kerajinan, toko hadia dan salon. Anda dapat bekerja sama dengan mereka untuk menawarkan produk perhiasan buatan tangan. Lalu ada pembagian hasil penjualan dengan mereka. Anda dapat menawarkan kelebihan produk dan total penjualan selama ini yang didapatkan.

Memang banyak yang tidak setuju dengan hal ini, tetapi Anda dapat terus mencoba hingga menemukan toko yang tepat untuk menjual produk perhiasan Anda.

3. Berpartisipasi dalam Pameran

Cara lain untuk mengenalkan dan memasarkan produk perhiasan buatan tangan dengan mengikuti pameran. Anda dapat menyewa sebuah kios untuk memasarkan produk Anda.

Saat mengikuti pameran itu jangan lupa untuk menampilkan kios dengan design menarik dan tata perhiasan dengan baik. Selain itu, sediakan cermin bagi calon pelanggan untuk mencoba perhiasan Anda.

4. Gunakan Website dan Media Sosial

Website juga salah satu media yang cukup jitu untuk menjual produk perhiasan buatan Anda. Pastikan website yang dibuat mudah dicari oleh pengguna internet.

Dalam website tersebut, Anda juga dapat memberikan tips gratis untuk membuat dan memelihara perhiasan. Jangan lupa juga untuk memungkinkan pembayaran online.

5. Lewat Iklan

Terlepas dari teknik pemasaran berbasis teknologi, Anda tidak dapat mengabaikan jangkauan dan kekuatan media iklan konvensional. Anda dapat beriklan di majalah dan surat kabar. Bahkan Anda juga dapat membuat pamflet dan spanduk di tempat umum mengenai produk perhiasan yang dibuat.

6. Penawaran diskon

Agar menarik pelanggan untuk melirik produk kreatif buatan tangan Anda, momen special seperti Valentine juga dapat menjadi salah satu promosi menarik. Anda dapat menawarkan program diskon saat momen tertentu.

Salah satu hal yang penting juga untuk memulai bisnis perhiasan yaitu Anda harus memasang foto-foto menarik mengenai karya kreasi Anda. Hasil karya Anda dalam sebuah foto juga dapat menunjang promosi. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan produk perhiasan buatan tangan Anda dalam kegiatan sehari-hari. Siapa tahu ada calon pelanggan yang tertarik. (Ahm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.