Sukses

OJK Gandeng BRI Sosialisasikan 20 Unit Mobil SiMolek

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng BRI untuk mengoperasikan mobil SiMolek yang bertujuan mensosialisasikan produk jasa keuangan.

Tingkat literasi atau melek pemanfaatan produk-produk jasa keuangan masyarakat masih relatif rendah. Belum semua golongan masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah dapat memanfaatkan produk layanan jasa keuangan.

Sekretaris perusahaan BRI, Muhammad Ali mengatakan, kondisi ekonomi masyarakat dan infrastruktur di daerah yang belum merata menyebabkan penetrasi layanan jasa keuangan ke masyarakat menjadi terhambat. Untuk itu, BRI pun digandeng oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengoperasikan 20 unit mobil SIMOLEK.

Dia menjelaskan, pengoperasian SIMOLEK ini akan menjadi tanggung jawab BRI mulai 24-28 Februari 2014.  "Mobil SIMOLEK akan berkeliling di hampir seluruh wilayah Indonesia yaitu 14 kota, 15 kantor wilayah dan dioperasikan oleh 54 kantor cabang BRI serta didukung oleh 46 teras BRI keliling dan 34 E-Buzz BRI," ujar Ali, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Menurut Ali, penempatan Mobil SIMOLEK ini nantinya akan disesuaikan dengan titik-titik operasional dari Teras BRI Keliling dan E-Buzz, yang  target utamanya yakni di sentra perekonomian mikro, lokasi pendidikan, serta public service.

"Lokasinya bisa di pasar - pasar tradisional, sekolah, rumah sakit, dan lain-lain. Misalnya, ketika Teras BRI Keliling menjalankan kegiatan operasionalnya seperti menerima setoran pembayaran pinjaman, ataupun setoran tabungan dari pedagang pasar, SIMOLEK dapat sekaligus memberikan edukasi keuangan bagi mereka," jelas Ali.‬

‪Dalam rangkaian yang sama, BRI bekerjasama dengan OJK, juga akan mengadakan Seminar - Lokakarya bertempat di Palangkaraya dan Makassar, bertemakan Literasi Keuangan dengan target audience-nya para pengusaha UMKM setempat, pada Agustus dan September mendatang.‬ (Dny/Ahm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca juga:

Genjot Masyarakat RI Melek Keuangan, OJK Luncurkan SiMolek

Kembangkan Sektor Keuangan, OJK Gencar Gandeng Universitas

Layanan Konsumen OJK Digadang Jadi Contoh Contact Center RI


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.