Sukses

Moge Kawasaki Made in Indonesia Bakal Segera Meluncur

Pabrik sepeda motor kawasaki rencananya akan diresmikan pada minggu tenang Pemilu 2014.

Liputan6.com, Jakarta Para penggila sepeda motor berkapasitas mesin (CC) besar di tanah air bakal lebih mudah membeli produk kesayangannya dalam waktu dekat ini. Produsen Kawasaki dalam waktu dekat bakal segera meresmikan salah satu pabrik barunya di kawasan industri MM 2000, Bekasi, Jawa Barat. 

Mengambil waktu pada Minggu tenang jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, tepatnya Selasa, 8 April 2014, produsen otomotif asal Jepang ini akan meresmikan pabrik barunya pada pertengahan tahun ini.

"Kawasaki meminta saya untuk meresmikan pabrik barunya, tanggal 8 April, jadi sehari sebelum Pemilu. Katanya memang sengaja pilih tanggal itu, jadi pas minggu tenang," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Kawasaki diketahui telah memulai pembangunan pabrik sejak 1,5 tahun yang lalu. Dana investasi hingga Rp 1 triliun rela dikeluarkan perusahaan untuk membuat pabrik berkapasitas 150 ribu unit per tahun.

Meski terbilang relatif kecil, Kawasaki yakin seluruh produknya bakal terserap pasar dalam negeri. Produk sepeda motor yang akan keluar dari pabrik ini diantaranya model Kawasaki Ninja.

"konsumen dari kalangan anak-anak muda bukan hanya butuh (motor itu) tetapi juga menikmatinya, katanya seperti itu," jelasnya.

Pada tahap awal, produksi sepeda motor Kawasaki akan diperuntukkan bagi pasar domestik. Seiring berjalannya waktu, Kawasaki telah memancangkan niatnya untuk mengekspor produksi motor dari Indonesia ke negara di Eropa, Amerika Serikat dan juga Jepang.

"Tapi niatnya juga mau ekspor ke Belanda, dari situ bisa ke negara-negara Eropa lain, juga ke Amerika. Nanti mereka juga akan meningkatkan kualitasnya karena ada rencana juga mau diekspor ke Jepang. Saya bilang bagus juga," tandas Hidayat.(Dny/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini