Sukses

4 Tanda Bekerja Terlalu Berlebihan

Anehnya, banyak orang rela bekerja melebihi kapasitasnya demi lebih dihormati dan dihargai orang-orang di sekitarnya.

Liputan6.com, New York Bekerja terlalu berlebihan menguras waktu, pikiran dan tenaga. Anehnya, banyak orang rela bekerja melebihi kapasitasnya demi lebih dihormati dan dihargai orang-orang di sekitarnya.

Seperti dikutip dari Magforwomen.com, Rabu (26/2/2014), itu merupakan hal yang wajar mengingat rasa ingin dipuji merupakan salah satu sifat dasar manusia. Tetapi seringkali sikap tersebut justru merugikan diri sendiri dan membuat Anda bekerja secara berlebihan.

Berikut empat tanda Anda telah bekerja secara berlebihan di kantor:

1. Hanya Anda yang bekerja lembur

Seringkali di malam hari, Anda masih bekerja saat kebanyakan karyawan lain sudah pulang. Padahal tidak menjadi tanggung jawab Anda untuk menyelesaikannya. Berhentilah bekerja lembur jika memang tidak diperlukan.

2. Selalu memaklumi kesalahan orang lain

Sebagai atasan, Anda tidak perlu menyetujui semua permintaan pegawai dan memaklumi kesalahannya. Anda tetap harus bertindak tegas saat menemukan karyawan yang datang terlambat, beristirahat terlalu lama dan tidak mematuhi peraturan lainnya.

Ingat, sebagai atasan, Anda tidak harus selalu mengikuti kemauan karyawan Anda.

3. Memperbaiki semua masalah yang ada

Saat rekan kerja atau pegawai lain di kantor melakukan kesalahan, Anda tak harus selalu merasa bertanggungjawab untuk memperbaikinya. Membenahi kesalahan di setiap pekerjaan kantor merupakan tindakan keliru yang harus segera dihindari.

4. Tidak berorientasi pada pekerjaan

Berperan sebagai atasan, Anda harus mengambil keputusan secara bijak. Jangan mengambil keputusan karena rasa kasihan atau iba. Putuskanlah langkah bisnis perusahaan dengan berorientasi pada kepentingan pekerjaan.(Sis\Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.