Sukses

Alice Walton, Miliarder Kelas Dunia Tanpa Penerus Kekayaan

Wanita kaya raya ini merupakan puteri dari pasangan pengusaha kaya, Sam Walton dan Helen Walton yang merupakan pendiri Walmart.

Liputan6.com, New York Dua kali gagal mengarungi mahligai rumah tangga sama sekali tak mempengaruhi kehidupan bisnis Alice Walton, salah satu wanita terkaya di dunia. Meski kehidupan asmaranya tak berjalan mulus, salah satu bos bisnis ritel terbesar di dunia ini  tetap mampu mendulang kekayaan hingga berjumlah US$  34,3 miliar atau Rp 391,02 triliun (kurs: 11.400 per dolar AS).

Alice merupakan puteri dari pasangan pengusaha kaya, Sam Walton dan Helen Walton yang merupakan pendiri Walmart. Perusahaan tersebut berhasil mengantarkan empat nama keturunan Walton ke dalam jajaran miliarder terkaya di dunia termasuk Alice.

Wanita super kaya berusia 64 tahun ini kini hidup sendiri tanpa pasangan. Maklum, dua kali pernikahannya harus kandas dalam waktu singkat.

Selain jago berbisnis, lulusan Trinity University ini ternyata lihai melarikan diri dari jerat hukum. Dirinya pernah tertangkap basah menyetir dalam kondisi mabuk. Usai menjalani serangkaian proses hukum, dirinya pun dibebaskan tanpa harus merasakan dinginnya jeruji besi.

Berikut jalan kehidupan salah satu janda terkaya di dunia, Alice Walton seperti dikutip dari Forbes, The Telegraph, News Hour 24 dan sejumlah sumber lainnya, Selasa (11/3/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alice Walton memilih berkarir sendiri saat lulus kuliah

Alice Walton memilih berkarir sendiri saat lulus kuliah

Bos Walmart Alice Walton lahir pada 7 Oktober 1949 di Texas, Amerika Serikat (AS). Dia merupakan puteri bungsu dari pasangan Sam Walton dan Helen Walton, pendiri bisnis ritel multinasional Walmart.

Meski menjadi anak orang kaya, Alice tak serta merta memanfaatkan bisnis orangtuanya. Terbukti setelah lulus dari jurusan ekonomi dan keuangan di Trinity University dia tak langsung bergabung dengan Walmart.

Dia lebih memilih bekerja sebagai analis ekuitas di First Commerce Corporation. Alice lantas mendirikan bisnis sendiri berupa bank investasi yang dibukanya pada 1988. Namun sayang, ambruknya pasar obligasi pada 1998 tak mampu membuat banknya tetap bertahan. Wanita yang juga pernah bekerja sebaga wakil pimpinan Arvest Bank Group ini memilih berhenti.

Alice lantas aktif bergelut memperjuangkan bisnis Walmart setelah mendapat warisan dari kedua orangtuanya.

3 dari 5 halaman

Pernah gagal menikah dua kali dan tak punya anak

Pernah gagal menikah dua kali dan tak punya anak

Di usia 24 tahun dan masih terbilang muda, Alice telah memutuskan untuk menikah. Lulusan universitas di Texas ini mengikat janji pertamanya dengan seorang bankir investasi di Louisiana.

sayang sekali, pernikahannya hanya bertahan dua tahun setengah. Setelah itu, Alice memutuskan untuk menceraikan suaminya karena alasan pribadi.

Tak lama setelah perceraiannya, Alice menikah kembali dengan seorang kontraktor yang terlibat dalam pembangunan kolam renangnya. Sama seperti pernikahan sebelumnya, kali ini pun Alice kambali gagal mengarungi perjalanan rumah tangganya. Lebih parah dari yang pertama, pernikahan ini hanya bertahan dalam waktu yang terlalu singkat.

Dia menghabiskan banyak waktunya dengan berkuda dan memasak. Seumur hidupnya, Alice belum merasakan punya keturunan.

4 dari 5 halaman

Ditangkap polisi di hari ulang tahun

Ditangkap polisi di hari ulang tahun

Alice Walton harus berurusan dengan polisi pada 7 Oktber 2011 setelah dirinya tertangkap basah menyetir dalam keadaan mabuk. Ironisnya, saat itu Alice tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-62.

Dia ditangkap saat sedang berkendara di wilayah Texas. Hebatnya, setelah melewatkan beberapa pemeriksaan dan sejumlah proses hukum, dia dinyatakan bebas tanpa harus merasakan dinginnya tinggal di balik jeruji besi.

Pengacara Alice mengatakan, kliennya mengakui kesalahannya dan sangat menyesal atas apa yang telah dilakukannya. Dia pun lantas dibebaskan dan tidak pernah dijatuhkan hukuman apapun.

5 dari 5 halaman

Masih menderita luka setelah kecelakaan pada 1983

Masih menderita luka setelah kecelakaan pada 1983

Pada 1983 saat tengah merayakan hari Thanksgiving bersama keluarga, Alice menyetir sendiri melewati pegunungan dengan mobil Jeep yang disewanya. Namun karena kehilangan kendali dirinya lalu mengalami kecelakaan yang cukup mengkhawatirkan.

Salah satu kakinya terluka parah dan dia mengalami infeksi tulang. Untuk memulihkan kondisinya, Alice butuh waktu sekitar satu tahun.

Bahkan dalam kurun waktu tersebut, dirinya harus menjalani sebanyak 22 operasi. Sayangnya, dia masih mengamlami gangguan ginjal dari kecelakaan yang telah berpuluh tahun dialaminya. Meski demikian, Alice dikenal sebagai sosok yang kuat dan tangguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini