Sukses

9 Kebiasaan Aneh Orang Sukses untuk Cari Ide Kreatif (1)

Ada banyak cara untuk mendapatkan ide. Dari mulai hal normal seperti pergi ke taman hingga menyelam di kolam renang dan menyumbat telinga.

Liputan6.com, Los Angeles Terkadang demi mendapatkan ide atau kreativitas seseorang selalu bepergian ke tempat-tempat tenang dan nyaman seperti pergi ke taman, danau atau bahkan pantai.

Namun tahukah Anda, beberapa orang sukses di dunia ini yang mendapatkan ide kreatifnya dengan melakukan hal-hal aneh yang tidak pernah dipikirkan dan dilakukan orang lain.

Berikut 9 hal aneh yang dilakukan beberapa orang untuk mendapatkan ide yang kreatif yang dikutip dari Business Insider, Sabtu (22/3/2014) :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Yoshiro Nakamatsu


1. Yoshiro Nakamatsu

Ilmuan terkenal di Jepang pada 1985 ini untuk mendapatkan ide dalam setiap penelitiannya selalu memaksa otaknya untuk kekurangan oksigen terlebih dahulu.

Cara yang biasa dia lakukan yaitu dengan berenang dan kemudian menenggelamkan seluruh badannya. Saat hampir kehabisan oksigen di dalam air, dia mengaku selalu menemukan ide kreatif mengenai sebuah penemuan.

"Untuk mendapatkan itu saya harus berenang jauh ke dasar air dan membiarkan otak merasakan tekanan air. Saat merasakan itu saya mulai membayangkan sebuah penemuan," kata dia.

Waktu inspirasi itu muncul, dia langsung mencatat dalam sebuah catatan yang bisa dibawa ke dalam air. Setelah ide yang diharapkan muncul, dia baru kembali ke permukaan.

 

3 dari 6 halaman

Jonathan Franzen


2. Jonathan Franzen

Seorang penulis novel terkenal asal Amerika ini mengaku sudah sangat mahir dalam menulis sebuah cerita pendek. Namun tidak untuk menulis novel yang memiliki 500 halaman.

Untuk terus mendapatkan ide dalam tulisannya, Franzen selalu menutup semua rangsangan sensoriknya untuk mendapatkan situasi yang benar-benar tenang. Bentuk dari hal itu berupa menutup telinga dengan penyumbat telinga dan menutup mata.

 

4 dari 6 halaman

Ludwig van Beethoven



3. Ludwig van Beethoven

Beethoven adalah salah satu komposer paling berpengaruh di dunia dengan karya-karyanya seperti 'Moonlight Sonata'. Meski begitu ada hal unik yang menjadi kebiasaan komposer ini, apa itu?

Bagi Beehoven, mandi adalah salah satu kegiatan bagian dari pekerjaannya. Murid dan sekretarisnya Anton Schindler menulis bahwa komposer akan berdiri di atas wastafel dan menuangkan sebuah kendi yang ada di tangannya dengan berteriak-teriak dan terkadang bernyanyi dengan kencang di dalam kamar mandi.

5 dari 6 halaman

Thomas Edison


4. Thomas Edison

Thomas dikenal dengan hasil penemuannya berupa bola lampu yang saat digunakan oleh mayoritas penduduk dunia untuk mendapatkan penerangan di malam hari.

Di tengah kesuksesannya, ternyata Thomas sangat membenci dengan tidur. Dia berpendapat tidur merupakan suatu kegiatan yang hanya membuang waktunya untuk menemukan ide.

Dia melaporkan dirinya selalu bekerja sebanyak 72 jam untuk kemudian akhirnya tertidur, dan itu hanya paling lama selama tiga jam.

 

6 dari 6 halaman

Marissa Mayer


5. Marissa Mayer

CEO Yahoo ini memiliki komitmen untuk mencurahkan 130 jam setiap minggu. Demi memaksimalkan jam kerjanya, bahkan dia lebih memilih tidur di atas meja kerja dan selalu ditemani laptop.

Dalam menjalani pekerjaannya, Mayer selalu mengambil waktu libur selama sepekan setiap empat bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini