Sukses

Tol Ungaran-Bawen Mulai Beroperasi Hari Ini

Akhirnya Badan Pengatur Jalan Tol menerbitkan sertifikat layak operasi untuk ruas tol Ungaran-Bawen di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang Setelah didera longsor berkepanjangan dan masalah pembebasan tanah, akhirnya Badan Pengatur Jalan Tol menerbitkan sertifikat layak operasi untuk ruas tol Ungaran-Bawen di Jawa Tengah.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Bambang Nugroho Kristiadji, sertifikat ini merupakan hal utama dalam rencana peresmian pemakaian tol.

Adapun, tim terpadu pada pengoperasian jalan bebas hambatan ini terdiri atas Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum serta Kementerian Perhubungan.

”Sertifikat sudah diterbitkan 2 April lalu, tim penguji kelayakan ini memeriksa dari struktur jalan maupun rambu-rambu lalu lintasnya,” kata Bambang di Semarang, Jumat (4/4/2014).

Pembukaan ruas tol Ungaran-Bawen dijadwalkan berlangsung hari ini pukul 14.00 wib, oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Sementara itu Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng Ari Nugroho mengaku belum bisa menetapkan tarif tol tersebut. Hal itu disebabkan pihaknya belum menerima surat keputusan penetapan tarif masuk tol dari BPJT.

Hingga Kamis (3/4/2014) petang, sejumlah pekerja masih terlihat menyelesaikan beberapa pekerjaan. Utamanya adalah menangani longsor di sekitar KM 36+200 Kandangan, Bawen.

Aktivitas serupa juga dilakukan di titik pertemuan antara daratan dan ruas badan jembatan atau abutment Jembatan Lemah Ireng II yang berpilar penyangga dua buah dan memiliki panjang lintasan 298 meter tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini