Sukses

Pembagian Rusunawa Digelar Melalui Tender Ketua RT

PT Perum Perumnas diminta untuk bertanggung jawab dalam pengerjaan rusunawa.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku tengah bekerjasama dengan Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo terkait pemerataan pengadaan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) di Ibu Kota.

Dahlan bahkan memerintahkan PT Perum Perumnas untuk bertanggung jawab dalam pengerjaan proyek ini.

Di mana, dalam hal ini Kementerian BUMN akan tetap mendukung dengan syarat fungsi dan penempatan sesuai dengan konsep perumahan khusus untuk masyarakat yang tinggal di perumahan kumuh.

"Perumnas harus ada idealisme perumahan untuk rumah kumuh, karena selama ini persyaratan menggunakan rumah susun adalah tidak punya rumah, karena ada orang yang sebelumnya tinggal di rumah mertua yang mewah, lalu tinggal di situ, kan tidak pas," kata Dahlan di saat ditemui di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Utara, Selasa (8/4/2014).

Upaya agar peruntukan rusunawa tepat sasaran, Kementerian BUMN dan Pemprov DKI ini juga akan menggelar tender melalui ketua RT di sekitar wilayah DKI Jakarta.

"Jadi nanti ditenderkan mana yang mau pindah RT mana yang kumuh dan semua harus mau relokasi, di tempat itu kita bangun rusun lagi, begitu seterusnya," pungkas dia.

Pada tahap awal, pembangunan rusun akan dilakukan di sekitar KBN. Ini mengingat wilayah tersebut merupakan banyak dihui para pekerja.

Barulah setelah itu, rusunawa akan diberikan kepada masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.

"Sekarang biar dibicarakan pak camat setempat dulu, nanti kita lihat lagi," pugnkas Dahlan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.