Sukses

Maksimalkan Edukasi Keuangan, OJK Tambah 20 Mobil SiMolek

Berdasarkan survei OJK, 100 orang yang memanfaatkan jasa keuangan, tetapi hanya 36 orang yang memiliki tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana  menambah 20 unit mobil edukasi Si Mobil Literasi Keuangan (SiMolek) hingga akhir tahun ini guna memaksimalkan edukasi dan literasi kepada masyarakat soal jasa keuangan.

Direktur Literasi dan Edukasi OJK, Agus Sugiarto mengatakan, penambahan mobil ini untuk mengimbangi kantor perwakilan OJK yang saat ini telah ada di 35 kota.

"Saat ini sudah ada 20 mobil, sedangkan OJK sudah ada di 35 kota, maka kami masih butuh tambah 20 mobil lagi," ujarnya di Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/5/2014).

Dia menjelaskan, edukasi dan literasi menjadi sangat penting karena dari survei yang dilakukan OJK, dari 100 orang yang memanfaatkan jasa keuangan, belum sampai setengahnya yang memiliki tabungan di lembaga perbankan.

"Dari survei kita, dari 100 orang yang menggunakan jasa keuangan, hanya 58 orang yang memakai jasa keuangan perbankan, dan 36 orang yang punya tabungan," kata Agus.

Menurut Agus, dengan penambahan unit SiMolek ini, OJK dengan industri perbankan dan jasa keuangan mampu menjangkau masyarakat Indonesia di daerah yang sulit terjangkau.

"Edukasi ini penting, karena semakin banyak masyarakat yang melek dan menggunakan jasa keuangan, maka masyarakat akan semakin makmur. Ini berhubungan dengan kemakmuran. Kami ingin sebanyak mungkin masyarakat yang mau menggunakan produk keuangan supaya semakin sejahtera," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Mobil SiMolek