Sukses

10 Trik Bikin Tempat Kerja Bebas dari Stres

Terkadang suasana kantor membuat stres si pekerja. Oleh karena itu, diperlukan sebuah cara agar produktivitas bekerja semakin baik.

Liputan6.com, Quebec - Tumpukan dokumen di ruang kantor seakan menjadi pemandangan biasa. Keadaan ini tentu membuat tidak nyaman bekerja bagi siapapun.

Bahkan, dengan keadaan yang demikian bisa membuat bos marah karena bisa menghambat pekerjaan dengan sulitnya mencari dokumen yang diperlukan.

Kantor yang berantakan pun dianggap sebagai amunisi yang menurunkan produktivitas bekerja. Terkadang suasana kantor membuat stres si pekerja. Oleh karena itu, diperlukan sebuah cara agar produktivitas bekerja semakin baik.

Mengutip Therichest.com, Senin (2/6/2014), ada10 trik supaya Anda bisa meningkatkan kreatifitas bekerja dengan membuat suasana ruang kerja terbebas dari stres, berikut tipsnya:

1. Dekorasi Ulang Ruang Kerja

Mendekorasi ruang atau kantor tentu merupakan pekerjan yang berat. Mungkin juga banyak orang menilai pekerjaan ini akan menguras waktu dan dianggap tidak memiliki manfaat.

Namun dengan anda melakukannya akan mendatangkan  banyak pujian dan bisa membangkitan semangat dari
pekerjaan yang sederhana ini.

2. Teknologi Baru

Singkirkan komputer atau printer lama anda. Perangkat dengan kinerja yang lambat pasti menambah tingkat stres saat kerja.

Maka dari itu, investasi pada teknologi baru bukan hanya mengurangi stres, namun juga efisien dalam meningkatkan produktivitas bekerja.

3. Buang yang Tidak Perlu

Jika anda memiliki banyak dokumen yang tidak terpakai, lebih baik disisihkan. Dengan begitu, anda merasa seperti menghilangkan beban-beban berat untuk memulai kantor yang baru.

Anda jadi menemukan banyak ruang dan menemukan lebih banyak fokus tugas dan pekerjaan.

4. Catatan Kegiatan yang Menarik

Anda tak perlu menggunakan catatan yang banyak  kemudian ditempel di monitor, dinding, dan meja. Buatlah semenarik mungkin.

Anda bisa menggunakan aplikasi komputer untuk membantu. Semakin sedikit anda mencari daftar kegiatan di tumpukan kertas maka akan mengurangi stres saat bekerja.

5. Atur Penyimpanan Energi Peralatan Kerja

Ketika anda pulang ke rumah dari bekerja, tentu untuk mengisi ulang tenaga kerja. Hal ini berlaku juga untuk elektronik perangkat seperti komputer dan printer.

Matikan peralatan tersebut ketika tak lagi terpakai, dengan begitu komputer dan printer anda tetap sehat dan
siap digunakan setiap pagi.

6. Mendengarkan Musik

Lagu yang bagus akan membawa menuju suasana kerja yang lebih baik. Jika diizinkan mulailah dengan mendengar musik yang tenang di ruang atau kantormu. Ingat buat pekerjaanmu senyaman mungkin.

7. Pemanasan

Duduk sepanjang hari di ruang kantor memiliki kosekuensi terhadap kesehatan. Maka dari itu jika lelah bekerja maka lebih baik melakukan peregangan di sela-sela pekerjaan anda dengan beberapa gerakan sekitar 15 menit.

8. Beli Tanaman

Dengan ada tanaman di kantor akan membuat Anda keluar dari stres. Dengan adanya bau dan kehadiran mereka menenangkan diri dari kesibukan sehari-hari.

9. Makanan Sehat

Bawalah makanan yang sehat ketika dalam pertemuan. Makanan yang sehat dapat mengurangi stres dan mungkin akam mengurangi berat badan kerja.

10. Pernapasan

Salah satu cara terbaik menghilangkan stres adalah menarik nafas. Kemudian tutuplah mata dan lupakan permasalahan yang terjadi. Pernafasan akan membawa anda kembali fokus, memberikan ruang untuk  otak anda. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini