Sukses

Tiga Bank BUMN Layani Pembayaran Tiket Kereta Commuter Line

Sekitar 640 ribu pengguna Kereta Commuter Line Jabodetabek dan 60 persen di antara berlangganan atau menggunakan Kartu Multi Trip.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan-perusahaan yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan sinergi. Tiga bank BUMN yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) bersinergi dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ).

Dalam sinergi ini, kartu pra bayar milik tiga bank tersebut yaitu BRIZZI milik BRI, Mandiri E-Money punya Bank Mandiri dan BNI Tapcash besutan BNI dapat digunakan sebagai alat pembayaran tiket (e-ticketing) Kereta Commuter Line Jabodetabek.

Direktur PT KAI Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo mengemukakan, implementasi e-ticketing ini merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada para penumpang kereta commuter line Jabodetabek. Dengan menggunakan kartu pra bayar, pembayaran tiket kereta menjadi lebih mudah, praktis dan tidak perlu repot menyediakan uang tunai.

"kami harapkan kemudahan dan kecepatan bertransaksi dengan kartu prabayar atau e-money ini membuat semakin banyak masyarakat yang memilih transportasi umum sebagai transportasi sehari-hari," jelasnya di Jakarta, Senin (16/6/2014).

Saat ini ada sekitar 640 ribu pengguna jasa Kereta Commuter Line Jabodetabek dan 60 persen di antara telah menggunakan tiket berlangganan atau Kartu Multi Trip (KMT) dan kartu pra bayar.

Senior Executive Vice President Transaction Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, implementasi e-ticketing ini merupakan salah satu upaya Bank Mandiri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna commuter line, khususnya di bidang pelayanan transaksi.

“Penumpang commuter line dapat memilih jenis kartu prabayar Mandiri yang akan digunakan, ada e-money, e-Toll Card, Indomaret Card atau GazCard sebagai electronic ticket commuter line," ujar Rico.

Selain untuk commuter line, kartu prabayar Mandiri juga bisa digunakan untuk berbelanja di merchant retail, bayar tol, bayar tiket busway Transjakarta, bayar parkir dan transaksi di SPBU.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, A. Toni Soetirto mengatakan, selain bisa untuk membayar tiket Kereta Commuter Line Jabodetabek, kartu pra bayar BRIZZI juga terintegrasi sebagai media bayar di transportasi umum lainnya seperti Transjakarta, TransJogja, Batik Solo Trans, Trans Pekanbaru.

“Bahkan saat ini kami sedang melakukan penjajakan untuk integrasi ke sistem MRT Jakarta yang sedianya diimplementasikan pada tahun 2016”, jelas Toni.

Direktur Konsumer dan Ritel BNI, Darmadi Sutanto mengatakan, dengan adanya kerjasama di KCJ ini diharapkan dapat membantu program Less Cash Society (LCS) yang diusung Bank Indonesia (BI) dan penerapan single card untuk transportasi publik di Jakarta, karena selain dapat digunakan di kereta commuter line Jabodetabek, juga dapat digunakan di Transjakarta dan merchant-merchant bertanda TapCash lainnya.

Adapun untuk isi ulang kartu TapCash dapat dilakukan di merchant-merchant bertanda TapCash dan ATM bertanda TapCash, selain itu juga dapat dilakukan di cabang-cabang BNI di Jabodetabek”, tuturnya. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.