Sukses

Holcim Resmikan Pabrik Semen Baru di Tuban

Keberadaan pabrik ini memperkokoh posisi perseroan dalam tiga besar produsen semen di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Holcim Indonesia Tbk (SCMB) telah meresmikan pengoperasian pabrik semen Tuban I di Jawa Timur pada hari ini, Selasa (17/6/2014). Pengoperasian pabrik baru itu guna untuk memenuhi permintaan semen yang terus meningkat.

CEO PT Holcim Indonesia Eamon Ginley mengatakan, pabrik terbaru Holcim itu bisa memproduksi semen dengan kapasitas sebanyak 1,7 ton per tahun.

"Permintaan produk Holcim mengalami peningkatan hingga 2014 ini. Pabrik Tuban menempatkan PT Holcim Indonesia dalam posisi yang menguntungkan untuk meraih pertumbuhan di masa depan," terang dia dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Selain itu, lanjut dia, perseroan juga akan menyelesaikan pembangunan Pabrik Tuban II pada tahun depan. Perseroan mengalokasikan alokasi belanja modal atau capital expenditures (capex) untuk kedua pabrik ini kurang lebih sebesar Rp 8 triliun.

Dengan adanya kedua pabrik yakni Tuban I dan Tuban II, PT Holcim mendapatkan kenaikan kapasitas produksi sebesar 20%.

Eamon mengatakan, keberadaan Pabrik Tuban merupakan upaya untuk mempertahan posisi perseroan dalam tiga besar industri semen di Indonesia.  Secara khusus di Jawa Timur, pihaknya menargetkan peningkatan pangsa pasar dari 9% menjadi 16%.

"Investasi ini tidak hanya melengkapi rekam jejak perusahaan di Pulau Jawa, namun juga bentuk investasi logistik dan saluran distribusi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik secara keseluruhan," tukasnya. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.