Sukses

Wilayah Kerja Gas Batubara Indonesia Tak Laku

Coal Bed Methane (CBM) adalah gas alam dengan dominan gas metana dan disertai sedikit hidrokarbon lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melelang Wilayah Kerja Gas Metana Batubara pada 2012 lalu. Namun sampai saat ini belum ada satupun perusahaan yang memenangkan lelang tersebut.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 345.K/13/DJM.E/2014 tanggal 12 Juni 2014, yang dikutip dari situs Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Migas), Kementerian ESDM, di Jakarta, Selasa (24/6/2014), ditetapkan hasil Lelang Reguler Wilayah Kerja Gas Metana Batubara Tahun 2012 sebagai berikut :

1. Wilayah Kerja Gas Metana Batubara Blok GMB Air Ogan I tidak ada pemenang.

2. Wilayah Kerja Gas Metana Batubara Blok GMB Air Ogan II tidak ada pemenang.

3. Wilayah Kerja Gas Metana Batubara Blok Melak Mendung II, tidak ada pemenang.


Coal Bed Methane (CBM) adalah gas alam dengan dominan gas metana dan disertai sedikit hidrokarbon lainnya dan gas non hidrokarbon dalam batu bara hasil dari beberapa proses kimia dan fisika. 

CBM sama seperti gas alam conventional yang kita kenal saat ini, namun perbedaannya adalah CBM berasosiasi dengan batubara sebagai source rock dan reservoir. Sedangkan gas alam yang kita kenal, walaupun sebagian ada yang bersumber dari batu bara, diproduksikan dari reservoir pasir, gamping maupun rekahan batuan beku.

Hal lain yang membedakan keduanya adalah cara penambangannya di mana reservoir CBM harus direkayasa terlebih dahulu sebelum gas dapat diproduksi.

Indonesia memiliki cadangan CBM sekitar 453,3 TCF atau nomor 6 di dunia. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan Advanced Resources International, Inc (ARI) tahun 2003, Rusia menempati posisi teratas dengan cadangan sekitar 450-2.000 TCF. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini