Sukses

Miliarder Nigeria Sumbang Rp 2,97 Miliar Buat Timnas Negaranya

Pengguliran sumbangan Rp 2,97 Miliar tersebut diumumkan Menteri Olahraga Nigeria Hon Tammy Danagogo secara resmi di Brasil.

Liputan6.com, Rio De Janeiro Miliarder terkaya di Nigeria, Mike Adenuga dilaporkan mendonasikan uangnya hingga US$ 250 ribu atau Rp 2,97 Miliar untuk tim sepakbola nasionalnya, Super Eagles.

Namun sayang, sumbangan yang ditujukan untuk meningkatkan semangat para pemain saat bertanding melawan Prancis itu tak berhasil membuat Super Eagles menaklukan lawannya tersebut.

Mengutip laman Forbes, Rabu (2/7/2014), pengguliran sumbangan tersebut diumumkan Menteri Olahraga Nigeria Hon Tammy Danagogo secara resmi di Brasil.

Hon memberitahukan pada para pemain bahwa Adenuga berjanji untuk memberikan bayaran mahal jika timnas Nigeria bermain memuaskan.

"Dia mengatakan akan menggulirkan dana tersebut jika timnas Nigeria maju terus dan mengguncangkan dunia, dia akan datang bersama presiden untuk menyumbangkan uangnya," tutur dia.

Namun sayang, pada pertandingan Minggu malam itu, Prancis berhasil menaklukan Nigeria dengan skor 2-0. Akibatnya, langkah timnas Nigeria masuk ke babak perempat final harus terhenti.

Sekadar informasi, Adenuga merupakan salah satu miliarder terkaya di dunia. Total kekayaannya sekarang telah mencapai US$ 5,1 miliar dari bisnis telekomunikasi, perbankan dan minyak yang dikembangkannya.

Dia juga merupakan pendiri Globacom, jaringan telepon seluler terbesar kedua di Nigeria. Sebagai pendukung setia, dia juga pernah menggulirkan hadiah sebesar US$ 1 juta untuk Super Eagles setelah memenangkan African Cup of Nations. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.