Sukses

Visi Pangan yang Dijual Prabowo Vs Jokowi di Debat Pamungkas

Energi, pangan dan lingkungan hidup adalah tema yang diangkat dalam Debat Capres Jilid 5 pada Sabtu (5/7/2014) malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Energi, pangan dan lingkungan hidup adalah tema yang diangkat dalam Debat Capres Jilid 5 yang akan diikuti pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta  Rajasa pada Sabtu (5/7/2014) malam ini.

Pada debat pamungkas ini, keduanya bakal memaparkan program-program yang ditawarkan kepada rakyat jika terpilih menjadi presiden dan wapres dalam Pemilu Presiden yang digelar pada 9 Juli  2014.

Di sektor pangan, kedaulatan pangan merupakan salah target yang ingin dicapai kedua pasangan capres cawapres ini. Keduanya membidik penciptaan lahan sawah baru, membenahi irigasi, hingga membangun pabrik pupuk.

Dalam dokumen visi misi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla yang disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu, Jokowi dan Prabowo fokus meningkatkan  kesejahteraan masyarakat dengan program `Indonesia Kerja` dan `Indonesia Sejahtera`.

Khusus di bidang pangan, kedua pasangan ini fokus untuk menambah jumlah lahan pertanian baru. Mencetak dua hektare (ha) lahan baru untuk meningkatkan produksi pangan merupakan target dari capres nomor urut satu yaitu Prabowo.  Sedangkan Jokowi optimistis sanggup membuka sejuta hektare lahan sawah baru di luar Jawa jika terpilih jadi presiden.

Mau tahu apa saja program capres-cawapres di bidang pangan? Untuk menjadi referensi Anda, berikut visi misi diusung  Jokowi vs Prabowo seperti dikutip dari situs resmi KPU,  Sabtu  (5/7/2014):

Prabowo-Hatta Rajasa..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo-Hatta

Prabowo-Hatta Rajasa

1. Cetak dua hektare lahan baru untuk meningkatkan produksi pangan antara lain beras, jagung, sagu, kedelai dan tebu, yang bisa mempekerjakan lebih dari 12 juta juta orang.

2. Mendorong pembangunan industri pengolahan pangan, peternakan dan perikanan yang berdaya saing tinggi, melalui antara lain pemberian insentif fiskal dan atau pembiayaan kepada BUMN dan patungan BUMN-swasta.

3. Mendorong peningkatan produksi dan konsumsi protein yang berasal susu, telur, ikan, dan daging.

4. Membangun pabrik pupuk area dan NPK baru milik petani dengan total kapasitas 4 juta ton.

5. Menjamin harga pangan yang menguntungkan petani, peternak, dan nelayan, sekaligus terjangkau konsumen, melalui sinergi kebijakan harga dan stok.

 

Jokowi-Jusuf Kalla...

 

3 dari 3 halaman

Jokowi-Jusuf Kalla:



Jokowi-Jusuf Kalla:

1. Memperbaiki irigasi rusak dan jaringan irigasi di tiga juta hektare (ha) sawah.

2. Mencetak sejuta hektare lahan sawah baru di luar Jawa.

3. Pendirian Bank Petani serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

4. Mendirikan gudang dengan fasilitas pengolahan pasca panen di tiap sentra produksi.

5. Pemulihan kualitas kesuburan lahan yang air irigasinya tercemar oleh limbah industri dan rumah tangga

6. Penghentian konversi lahan produktif.

(Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini