Sukses

Kadin Gandeng Kemendang Perluas Akses UKM ke Pasar Global

Dukungan tersebut salah satunya dengan menggandeng Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memperluas akses UKM ke pasar global.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendukung upaya usaha kecil dan menengah untuk menjangkau pasar yang lebih luas baik domestik maupun internasional.

Dukungan tersebut salah satunya dengan menggandeng Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memperluas akses UKM ke pasar global.

“Kami telah bertemu dengan Menteri Perdagangan M Lutfi dan sepakat melakukan kerjasama konkret untuk memperluas akses UKM ke pasar internasional,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM dan Koperasi Erwin Aksa di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Menurut dia, Kadin dan Kemendag dalam waktu dekat akan memberangkatkan pengusaha UKM yakni Hendy Setiono ke New Orleans, Amerika Serikat, untuk memperkenalkan produknya lewat Indonesian Diaspora National Convention yang diselenggarakan di New Orleans, Louisiana.

Hendy adalah pendiri waralaba Kebab Turki Baba Rafi yang memiliki 1.200 outlet di seluruh Indonesia.

Erwin Aksa mengatakan, setidaknya ada tiga persoalan yang kerap menghadang UKM du Indonesia yakni pembiayaan, pendampingan usaha, dan akses pemasaran.

Maka dari itu, Kadin meminta pemerintah menciptakan borderless selling system sehingga produk UKM dapat dijangkau konsumen dari seluruh dunia.

“Kadin mendorong Kemendag untuk membuat sistem e-commerce yang dapat digunakan UKM sebagai fasilitas perdagangan untuk menjangkau pasar global. Di China, e-commerce mampu meningkatkan volume perdagangan puluhan ribu UKM,” jelas Erwin.

Selain itu, kata dia, Kadin berharap Kemendag mampu membuat sistem perizinan UKM menjadi lebih fleksibel dan sederhana. Hal ini diyakini akan membuat migrasi UKM dari informal menjadi formal sehingga mempermudah akses pembiayaan dari perbankan. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah.

    UKM

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

Video Terkini