Sukses

Kurangi Angka Kecelakaan, Kemenhub Ingin Mudik Gratis Ditambah

Pada mudik Lebaran tahun ini terdapat 2.741 kecelakaan, turun jika dibanding tahun lalu yang tercatat 3.200 kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menekan jumlah kecelakaan saat mudik Lebaran, Menteri Perhubungan EE Mangindaan berpesan agar angkutan kereta api, angkutan kapal laut dan mudik gratis ditingkatkan.

Mangindaan mengungkapkan, dari hasil evaluasi sementara Kementerian perhubungan sejak H-6 sampai hingga H+6, terjadi 2.741 kecelakaan yang mayoritas dialami oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Secara rinci, ia menjelaskan pada mudik Lebaran tahun ini terdapat 2.741 kecelakaan, turun jika dibanding tahun lalu yang tercatat 3.200 kecelakaan. Untuk korban meninggal sampai H+5 terdapat 538 korban, mengalami penurunan jika dibanding dengan tahun lalu yang mencapai 686 korban.

"Saya prihatin masih ada korban kecelakan, itu pekerjaan rumah kami ke depan meski sudah berusaha optimal, kesimpulan dari jumlah kecelakaan sampai hari ini menurun," jelasnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, senin (4/8/2014).

Untuk menekan anggka kecelakaan itu, Mangindaan menginginkan penambahan kapasitas angkutan Kereta api. "Tiket kereta api habis untuk pulang balik, berarti masyarakat sudah sadar, lebih bagus pakai kereta," tuturnya.

Selain itu menurut Mangindaan, yang harus dipertahankan adalah mudik gratis menggunakan kapal laut dan mudik gratis menggunakan bus.

"Jumlah sepeda motor yang mudik menurun, meski paling banyak kecelakaan. Evaluasi. Bagai mana kereta api diperbanyak. kami berusaha lewat laut tetap harus ada gratis, kedua mudik gratis diperbanyak," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini