Sukses

Transaksi Tebusan Pegadaian Jelang Lebaran Capai Rp 1,5 Triliun

Pendapatan usaha Pegadaian pada semester I tahun ini mengalami penurunan sebesar 10 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Lebaran, PT Pegadaian (Persero) mengaku transaksi penebusan barang yang digadai nasabah mengalami lonjakan. Barang yang banyak ditebus adalah perhiasan emas.

"Lebaran trennya malah banyak yang melunasi. Nilai pelunasan hampir Rp 1,5 triliun," ujar Direktur Bisnis I PT Pegadaian Harianto Widodo di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (4/8/2014).

Transaksi penebusan pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Barang yang ditebus ini sebagian besar merupakan perhiasan emas.

"Perhiasan hampir 95 persen. Mungkin karena tahun lalu Lebarannya itu tidak bertepatan diakhir bulan seperti saat ini sehingga masih tinggi sekarang," lanjutnya.

Selain karena bertepatan dengan akhir bulan dimana nasabah Pegadaian yang berprofesi sebagai pekerja telah menerima gaji, nasabah yang berprofesi sebagai pedagang informal juga telah menjual habis barang dagangannya hingga sebelum Lebaran telah mampu melunasi gadaianya.

"Yang pekerja juga kan dapat THR (tunjangan hari raya), sedangkan yang pedagang informal seperti penjual makanan, pakaian, sarung, mereka masih usaha sampai sebelum Lebaran. Wilayahnya merata di semua daerah," kata dia.

Sementara itu, Harianto mengakui pendapatan usaha pada semester I tahun ini mengalami penurunan sebesar 10 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Hal tersebut turut berpengaruh terhadap laba perusahaan yang juga mengalami penurunan hingga 35 persen.

"Dibanding tahun lalu sedikit, mungkin sekitar hanya 90 persen dibandingkan pendapatan tahun lalu, jadi ada penurunan 10 persen. Mungkin hanya sekitar Rp 3 triliun. Kalau net profit-nya Rp 670 miliar, turun 35 persen dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 700 miliar," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

    Pegadaian