Sukses

S&P Turunkan Peringkat Bumi Resources

Peringkat diturunkan mengingat perseroan belum dapat membayar obligasi senilai US$ 375 juta yang jatuh tempo pada 5 Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga pemeringkat S&P menurunkan peringkat kredit korporasi jangka panjang PT Bumi Resources Tbk dari CC menjadi Selective Default (SD).

Dalam keterangan diterbitkan yang ditulis pada Kamis (14/8/2014), S&P juga menempatkan CCC- untuk surat utang senior.  S&P menilai negatif dari gagalnya perseroan untuk membayar obligasi US$ 375 juta. Selain itu, lembaga pemeringkat ini juga menempatkan peringkat BUMI untuk skala regional menjadi SD dari acXX.

Menurut lembaga pemeringkat internasional ini, peringkat turun karena PT Bumi Resources Tbk belum dapat membayar obligasi konversi US$ 375 juta yang jatuh tempo pada 5 Agustus 2014 hingga masa tenggang 12 Agustus 2014.

Pihaknya pun memaklumi negosiasi perseroan batu bara ini dengan pemegang obligasi dalam rangka restrukturisasi.
Dalam  penilaian S&P, pihaknya mempertimbangkan pembayaran termasuk pembayaran pokok yang jatuh tempo dari kewajiban yang tidak dilakukan pada tanggal jatuh tempo.

Sisi lain S&P menyebutkan, ketidakmampuan perseroan untuk melakukan restrukturisasi obligasi dapat berdampak kepada kewajiban utang lain PT Bumi Resources Tbk terutama obligasi.

"Dalam skenario itu kami menurunkan rating pada BUMI untuk default," ujar Analis S&P Vishal Kulkarni.

Ia menambahkan, pihaknya akan menaikkan rating BUMI apabila perseroan dapat mengelola utangnya. "Jika BUMI default maka kami akan menurunkan peringkat BUMU menjadi D," kata Kulkarni. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.