Sukses

BNI Dukung Pertumbuhan Less Cash Society

BNI TapCash dapat digunakan selama 5 tahun sejak tanggal transaksi pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjadi penyedia layanan tiket elektronik (e-ticketing) bagi penumpang kereta Commuter Line di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kini PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menjadi penyedia tiket elektronik bagi pengguna bus TransJakarta.

Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo mengatakan, BNI dan beberapa bank lain bekerja sama untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Wujud dari kerja sama tersebut adalah digunakannya tiket elektronik pada kereta Commuter dan bus Trans Jakarta, yang dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah, nyaman, dan handal untuk mempercepat pertumbuhan Gerakan Nasional non Tunai (Less Cash Society),” ujar Gatot, di Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Dalam layanan ini, BNI menawarkan produk BNI TapCash merupakan kartu berbasis java card yang menggantikan existing platform yang berbasis mifare classic. 

Hingga saat ini, BNI TapCash telah melakukan kerja sama dengan beberapa instansi dan terus menambahkan fitur layanan dalam kartu keanggotaannya. Instansi-instansi tersebut meliputi BPJS (Badan Penyelengggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan dan Universitas Indonesia.

Gatot menjelaskan, kartu BNI TapCash merupakan uang elektronik berbentuk kartu sebagai pengganti uang tunai yang digunakan dalam melakukan transaksi pembayaran di seluruh merchant yang telah bekerjasama dengan BNI.

Dengan demikian, pemegang Kartu BNI TapCash itu sama seperti sedang memegang uang tunai. BNI TapCash dapat digunakan selama 5 tahun sejak tanggal transaksi pertama.

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, dana maksimal yang dapat disimpan dalam BNI TapCash adalah Rp 1 juta. Namun, pemegang kartu tetap dapat melakukan isi ulang pada pecahan yang lebih kecil, yaitu mulai dari Rp 10 ribu.

Pada masa transisi peralihan dari BNI Prepaid menuju BNI TapCash, BNI mencatat jumlah transaksi BNI TapCash pada periode Januari 2014 – Mei 2014 mencapai 124.338 transaksi dengan jumlah kartu yang mencapai 83.677. Adapun untuk BNI Prepaid terjadi 23.372 transaksi pada periode yang sama dengan jumlah kartu sebanyak 102.545 kartu. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

Video Terkini