Sukses

Restrukturisasi Utang Selesai, Harga Saham Bumi Resources Naik

PT Bumi Resources Tbk telah mendapatkan restu pemegang obligasi untuk melakukan restrukturisasi surat utang pada 22 Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) naik 5,35 persen menjadi Rp 197 per saham pada pukul 10.53 WIB. Penguatan saham ini ditopang sentimen positif dari usainya restrukturisasi obligasi anak usaha perseroan yaitu Enercoal.

Pada hari ini, saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) masih berada di level tertinggi Rp 201 per saham dan level terendah Rp 190 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 2.657 kali dengan volume perdagangan saham 1.548.122. Nilai transaksi harian saham mencapai Rp 30,5 miliar.

"Pemberitaan restrukturisasi memberikan sentimen positif untuk investor. Sementara perseroan dapat memperpanjang jatuh tempo obligasi," ujar pengamat pasar modal, Reza Priyambada, saat dihubungi Liputan6.com.

Asal tahu saja, manajemen PT Bumi Resources Tbk telah memperoleh restu pemegang obligasi untuk memperpanjang jatuh tempo obligasi konversi menjadi 7 April 2018 dari jatuh tempo seharusnya pada 12 Agustus 2014.

Restu pemegang obligasi itu didapat dalam Rapat Pemegang Obligasi yang diselenggarakan pada 22 Agustus 2014 di Singapura. Dengan persetujuan itu, PT Bumi Resources Tbk mendapatkan keringanan pembayaran bunga menjadi 6 persen terhitung mulai 25 Agustus 2014. Selain itu, perseroan juga memangkas harga obligasi konversi dari Rp 3.366,9 menjadi Rp 250.

"Restrukturisasi obligasi konversi ini mencerminkan langkah perseroan berikutnya sebagaimana telah disampaikan oleh Perseroan sebelumnya dalam rangka mengoptimasi utang, menurunkan beban bunga dan memperbaiki likuiditas di tengah harga batu bara yang menurun dan kondisi di usaha di sektor batu bara yang menantang," kata Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk Ari Hudaya.

Pada 5 Agustus 2009, perseroan melalui Enercoal Resources Pte Ltd menerbitkan obligasi konversi yang dijamin US$ 375 juta dengan suku bunga 9,25 persen. Credit Suisse Ltd bertindak sebagai placement agent tunggal.

Obligasi ini jatuh tempo pada 5 Agustus 2014, dan merupakan obligasi yang awalnya dapat dikonversi menjadi saham biasa perusahaan dengan nilai Rp 3.366,90 per saham. Harga konversi ini dapat berubah tergantung pada penyesuaian yang dilakukan sehubungan dengan perubahan nilai nominal saham, konsolidasi atau reklasifikasi saham, kapitalisasi laba, distribusi modal, penawaran umum terbatas. (Ahm/Igw)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.