Sukses

Pasar Menanti Sentimen Positif, Bursa Asia Variatif

Analis menilai, pelaku pasar membutuhkan kabar baik untuk mempertahankan tren positif di bursa saham Asia.

Liputan6.com, Sydney - Bursa saham Asia sedikit berubah pada perdagangan saham Selasa pekan ini dengan indeks saham acuan regional naik ke level tertinggi pada 2014.

Indeks saham MSCI Asia Pacific turun tipis 0,1 persen menjadi 148,64 pada pukul 09.37 waktu Tokyo. Indeks saham Jepang Topix menguat 0,1 persen, dan diikuti dengan indeks saham Korea Selatan Kospi naik 0,5 persen.

Sedangkan indeks saham Jepang Nikkei bergerak flat di kisaran 15.609,64 pada awal perdagangan saham. Indeks saham Australia sedikit berubah dan indek saham Selandia Baru NZX 50 naik 0,3 persen.

Saat ini belum ada sentimen positif yang kuat yang berdampak positif ke bursa saham. Pelaku pasar masih khawatir dengan konflik di Irak, Israel dan Ukraina.

"Pelaku pasar membutuhkan kabar baik untuk mempertahankan tren positif. Dengan tidak adanya berita positif maka cenderung turun. Valuasi saham juga sudah mahal," kata Ric Spooner, Kepala Riset CMC Markets, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (26/8/2014).

Adapun saham-saham yang mengalami tekanan antara lain Boart Longyear Ltd turun 7,7 persen, setelah perusahaan pertambangan Australia mencatatkan kerugian. Saham Dena Co naik 6,3 persen. Lalu saham Hyundai Heavy Industries Co naik 3,8 persen di bursa saham Korea Selatan.

Selain itu, data kemarin juga menunjukkan laju penjualam rumah di Amerika Serikat (AS) turun ke level terendah dalam empat bulan pada Juli. Kredit ketat dan pertumbuhan gaji lamban berdampak negatif ke penjualan rumah. (Ahm/)

 


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini