Sukses

China Kembali Lahirkan Miliarder Baru di Dunia

Pengusaha asal China, Chu Jinfu baru-baru ini berhasil bergabung dengan klub bergengsi yang hanya diisi para miliarder terkaya dunia

Liputan6.com, Beijing - Tak sembarangan orang bisa merambah masuk ke jajaran miliarder terkaya dunia mengingat Anda harus memiliki kekayaan di atas US$ 1 miliar untuk mencetak prestasi tersebut.

Pengusaha asal China, Chu Jinfu baru-baru ini berhasil menembus jajaran tersebut dan bergabung dengan klub bergengsi yang hanya diisi para miliarder terkaya dunia.

Mengutip laman Forbes, Rabu (27/8/2014), Direktur Henan Senyuan Electric tersebut berhasil menjadi miliarder dunia setelah nilai sahamnya meningkat hingga hampir 20 persen sepanjang Agustus. Pekan lalu, setelah mengalami peningkatan harga saham yang cukup pesat, Chu berhasil meraup kekayaan hingga US$ 1 miliar saat penutupan bursa.

Senyuan mengungkapkan, penjualan produk-produk listriknya meningkat hingga mencapai US$ 96 juta pada enam bulan pertama tahun ini. Sementara dalam kurun waktu yang sama, laba Senyuan juga meningkat sebesar US$ 21,9 juta.

Peningkatan penjualan dan total laba perusahaan tersebut membantu menggenjot nilai jual saham perusahaan. Harganya naik dari 0,1 yuan menjadi 31,95 yuan per lembar saham.

Tentu saja, Chu yang memiliki setengah dari seluruh saham perusahaan tersebut mengalami peningkatan jumlah kekayaan.Penambahan harta tersebut mengantarkan Chu menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Sekadar informasi, Chu lahir pada 1957 di sebuah desa kecil di Changge, Provisi Henan, China. Dia merupakan lulusan jurusan ekonomi dan hukum Henany University. Dia lantas melanjutkan studinya ke Tsinghua University di Beijing.

Setelah lulus, Chu bekerja di sebuah pabrik perlengkapan listrik bertegangan tinggi. Setelah itu dia mendirikan Henan Senyuan Electric pada 2000.

Sejauh ini, China memang terkenal sebagai pencetak miliarder tercepat dalam 10 tahun terakhir. Hingga saat ini, China telah memiliki 152 miliarder, dan berada di posisi kedua pemilik miliarder terbanyak setelah Amerika Serikat. (Sis/Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.