Sukses

Grup Djarum Gabungkan Kepemilikan Sahamnya di Sarana Menara

Transaksi saham Sarana Menara Nusantara mencapai Rp 13,7 triliun di pasar negosiasi dalam rangka restrukturisasi internal pemegang saham.

Liputan6.com, Jakarta - Transaksi saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) mencapai Rp 13,7 triliun di pasar negosiasi pada perdagangan saham Rabu (3/9/2014).

Berdasarkan data RTI, saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk ditransaksikan di level harga Rp 4.100 per saham. Total frekuensi perdagangan saham TOWR sebanyak 4 kali dengan volume perdagangan saham 166.023.000 saham. Transaksi saham ini difasilitas oleh PT BCA Sekuritas.

Adapun transaksi saham TOWR di pasar negosiasi ini berkaitan dengan konsolidasi pemegang saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk. Grup Djarum melakukan konsolidasi kepemilikan sahamnya di PT Sarana Menara Nusantara Tbk kepada PT Sapta Adhikari Investama.

Hal itu disampaikan dalam keterangan di keterbukaan informasi  Bursa Efek Indonesia (BEI), yang ditulis Rabu (3/9/2014). Grup Djarum memiliki saham di PT Sarana Menara Nusantara Tbk lewat PT Tricipta Mandhala Gumilang dan PT Caturguwiratna Sumapala.

Berdasarkan data BEI per Januari 2014, PT Tricipta Mandhala Gumilang memiliki 1,7 miliar saham TOWR atau setara 16,68 persen dan PT Caturguwiratna Sumapala sebesar 1,6 miliar saham atau setara 16,03 persen.

Selain itu, pemegang saham perseroan yaitu Pershing Llc Main Custody Account sebesar 6,61 persen atau sekitar 674 juta dan publik kurang dari lima persen sebesar 6,19 miliar atau sektiar 60,68 persen.

Kedua pemegang saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk yaitu Tricipta Mandhala Gumilang dan PT Caturguwiratna Sumapala melakukan transaksi penjualan saham TWOR di pasar negosiasi pada 3 September 2014.

Direktur Utama PT Tricipta Mandhala Gumilang, Victor Rachmat Hartono menuturkan, transaksi penjualan saham di pasar negosiasi ini untuk melaksanakan restrukturisasi internal pemegang saham TWOR berupa konsolidasi kepemilikan atas saham TOWR ke dalam satu perusahaan yaitu PT Sapta Adhikari Investama.

"Pelaksanaan restrukturisasi ini tidak mengubah komposisi ultimate beneficial ownership atas saham TWOR yang dialihkan tersebut," ujar Victor. (Ahm/)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini