Sukses

Begini Cara KemenPAN-RB Beri Masukan Soal Kabinet ke Jokowi

Ini menjadi pertemuan puncak reformasi birokrasi nasional yang merupakan kegiatan antar pemerintah, organisasi masyarakat sipil dan pebisnis

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bekerjasama dengan Kemintraan Partnership, Komite Nasional Kebijakan Governance, Asosiasi Pengusaha Indonesia, dan Transparency International akan menggelar Reformasi Birokrasi Summit.

Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Erry Riyana Hardjapamekas mengatakan acara ini merupakan pertemuan puncak reformasi birokrasi nasional yang merupakan kegiatan antara pemerintah, organisasi masyarakat sipil serta dunia usaha.

"Jokowi perlu mendapatkan informasi mengenai praktek-praktek baik yang sudah berkembang secara sporadis di banyak lembaga dan daerah, serta usulan-usulan perbaikan kebijakan kunci yang masih perlu dikembangkan di masa depan," ujarnya dalam diskusi Membedah Kontroversi Perampingan Kementerian/Lembaga di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (5/9/2014).

Dia menjelaskan, dengan adanya RB Summit ini diharapkan bisa mengidentifikasi pokok-pokok masalah, hambatan dan tantangan reformasi birokrasi terutama yang berkaitan dengan penataan kelembagaan pemerintah yang efektif dan efisien guna mewujudkan pelayanan prima serta menggalang partisipasi publik.

Sementara itu ditempat terpisah, Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan konsep arsitektur kabinet yang akan diserahkan kepada presiden mendatang.

"Untuk menentukan jumlah dan susunan kabinet adalah hak prerogatif presiden. Tetapi konsep ini merupakan rekomendasi dari hasil kajian yang telah dilakukan Kementerian PAN-RB," katanya.

Reformasi Birokrasi Summit ini akan dilaksanakan di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, pada 9-10 September 2014. Rencananya akan menghadirkan Wakil Presiden Boediono, Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, Wakil Menteri PAN-RB Eko  Prasojo, Wakil Menteri PPN/Bappenas Lukita Dinarsh Tuwo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua Umum APINDO Sofjan Wanandi dan lain-lain. (Dny/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.