Sukses

Kendaraan Plat Hitam Harusnya Jadi Target Kenaikan BBM

Pengguna BBM bersubsidi tertinggi adalah pengguna kendaraan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Kembali lagi pemerintah diingatkan jika ingin menekan anggaran yang dikeluarkan untuk subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, cukup dengan menaikkan harga BBM terutama pada kendaraan plat hitam.

Pengamat Transportasi Djoko Stidjowano mengungkapkan, pengguna BBM tertinggi adalah kendaraan pribadi, karena itu untuk menghemat anggaran pemerintah seharusnya cukup menaikan harga untuk kendaraan pribadi saja.

"Penikmat subsidi BBM terbesar kendaraan plat hitam dan plat merah 93%. Sesungguhnya, cukup hanya dengan pembedaan warna plat kendaraan sudah dapat menaikkan harga BBM," kata Djoko, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang dikutip di Jakarta, Senin (8/9/2014).

Djoko menambahkan, jika kebijakan tersebut dikeluarkan, maka pemerintah perlu membuat kebijakankan lagi. Seperti pada sepeda motor dan pengubahan plat pada kendaraan logisitik.

"Jika ada truk masih plat hitam, nanti ganti jadi plat kuning. Nanti PAD (Pendapatan asli daerah) akan meningkat," tuturnya.

Menurutnya, menaikkan harga BBM tak perlu harus diawali dengan prgm Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan beasiswa orang miskin. Pasalnya, hal tersebut mempersulit masalah yang sebenarnya sederhana.

"Seperti yang dilakukan pemerintah SBY. Mempersulit masalah yang sebenarnya sederhana. Mereka khawatir akan berpengaruh pada orang miskin," pungkasnya. (Pew/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.