Sukses

2 Masalah yang Berakibat Fatal Buat Pendaftar CPNS 2014

Dari hasil pantauan Panitia seleksi nasional (Panselnas), terdapat dua masalah yang paling sering dialami para pendaftar CPNS 2014

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya identitas pelamar yang membanjiri situs pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014, tapi juga pengaduan dari para pendaftar.

Dari hasil pantauan Panitia seleksi nasional (Panselnas), masalah yang terbanyak dialami para pendaftar CPNS 2014 adalah kesalahan input data atau lupa password.

Anggota Tim Audit Tekhnologi Panselnas Zainul Anwar Effendi mengatakan, hal itu bisa berakibat fatal. Pasalnya, Panselnas tidak bisa membantu terutama jika pelamar CPNS 2014 telah terdaftar di sebuah instansi.

Zainul menerangkan, Panselnas juga sudah menjelaskan format pengaduan di laman pendaftaran CPNS 2014. Panselnas menegaskan tidak akan menanggapi pengaduan pelamar CPNS 2014 yang tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan.

"Kalau subjeknya tidak sesuai, langsung dianggap tidak benar, karena hanya yang benar saja akan ditanggapi,“ tegasnya seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Selasa (9/9/2014).

Dia menjelaskan, para pelamar yang tidak mengikuti panduan Panselnas dengan benar akan menyusahkan dirinya sendiri saat mengalami kesalahan input data.

Selain itu, Zainul juga mengungkapkan, sekitar 17 ribu pengaduan diterima pihaknya setiap hari sejak pendaftaran CPNS 2014 dibuka.

"Kami membalas tujuh ribu email setiap harinya," ungkap seperti dilansir dari situs resmi

Usai diteliti, ternyata banyak para pelamar yang belum mengikut panduan Panselnas dengan baik saat melakukan pendaftaran CPNS 2014. Tak heran, hingga akhir pekan lalu, lebih dari 150 ribu pengaduan telah diterima Panselnas.

"Kalau ingin cepat direspon pengaduannya, agar dikirim ke email panselnas@menpan.go.id." tandasnya. (Sis/Nrm)

 

* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.