Sukses

Dibanding di Kantor, Pegawai Lebih Stres di Rumah

Rasa stres biasa menyergap para pegawai saat menghadapi tumpukan pekerjaan di kantor.

Liputan6.com, Pennsylvania - Rasa stres biasa menyergap para pegawai saat menghadapi tumpukan pekerjaan di kantor. Sosiolog asal Amerika Serikat (AS) Arlie Hochschild ternyata memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, kehidupan di rumah penuh dengan tekanan yang akhirnya membuat masyarakat pergi ke kantor untuk beristirahat.

Mengutip laman Forbes, Rabu (10/9/2014) pendapatnya ternyata senada dengan hasil riset yang digelar Pennsylvania State University. Hasil penemuan dari studi yang dilakukan Sarah Damaske dan teman-temannya membuktikan bahwa sebagian partisipan merasa lebih stres saat berada di rumah dibandingkan di kantor.

Beberapa pegawai berpendapatan menengah ke bawah bahkan merasa lebih senang dan menerima lebih sedikit tekanan saat berada di kantor dibandingkan setelah pulang ke rumah. Sebaliknya, para pegawai bergaji sangat tinggi merasa jarang bahagia di tempat kerja.

Sebenarnya, tingkat tekanan dan rasa stres seseorang berkaitan dengan tingkat jabatan dan jumlah bayaran atas pekerjaannya di kantor. Semakin tinggi status dan penghasilannya, maka semakin besar tekanan yang dirasakan di kantor.

Sebaliknya, sebagian besar partisipan yang merasa lebih bahagia di kantor cenderung merupakan pegawai yang belum memiliki anak di rumah. Meski sang buah hati merupakan anugerah terbesar bagi orangtua, tapi banyak juga pegawai yang merasa dapat melepas stres di kantor usai lelah mengurus anak di rumah.

Selain itu, kebahagiaan di kantor juga muncul karena para pegawai merasa memperoleh tantangan untuk menyalurkan seluruh kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Gangguan-gangguan saat bersantai di rumah juga ternyata dapat memicu tekanan yang lebih besar dibandingkan gangguan ketika tengah bekerja.

Sekadar informasi, Sarah Damaske dan rekan-rekannya mengumpulkan 122 wanita dan pria yang telah memiliki pekerjaan tetap. Enam kali sehari, seluruh partisipan menjawab survei yang mengukur seberapa bahagia dirinya di tempat kerja dan di rumah.

Para peneliti juga mengukur tingkat stres seluruh partisipan. Hasilnya, seperti diungkapkan di atas, para pegawai lebih stres saat berada di rumah dibandingkan di kantor. (Sis/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.