Sukses

Mercy Ditolak, Menperin Usul Menteri Jokowi Pakai Mobil Murah

Menperin sangat mendukung apabila Jokowi-Jusuf Kalla beserta para menterinya menggunakan kendaraan dinas lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Pengadaan mobil dinas menteri Jokowi berupa Mercedes Benz (Mercy) dibatalkan karena menuai kontroversi.

Menteri Perindustrian (Menperin), MS Hidayat kembali mengusulkan agar kabinet Joko Widodo (Jokowi) selama periode lima tahun ke depan menggunakan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

Dia sangat mendukung apabila Jokowi-Jusuf Kalla beserta para menterinya menggunakan kendaraan dinas yang diproduksi dari dalam negeri.

"Mobil yang dibuat di dalam negeri itu mulai dari Kijang, Avanza, Innova, BMW sampai Mercedes, silakan dipilih. Assembling-nya di Indonesia. Itu yang mesti diutamakan," ucap Hidayat saat ditemui di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Dia mengatakan, mobil yang ditunggangi Kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bermerek Toyota Crown dan Camry merupakan produk impor. Dan Hidayat sebagai salah satu menteri mencicipi mobil impor tersebut.

Kata dia, penggunaan mobil dinas menteri atau pejabat negara hendaknya mengutamakan produk dalam negeri ataupun yang dirakit di Indonesia.

"Dulu saya pernah ikut rombongan Presiden ke India, pada waktu ada pertemuan bilateral, saya lihat perdana menteri India pakai mobil kecil atau lokal. Mungkin (kabinet Jokowi) boleh juga pakai LCGC," pungkas dia. (Fik/Nrm)

 

 

Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.