Sukses

OJK Targetkan 5 Perbankan Nasional Miliki Level Standar Asia

OJK akan mendorong perbankan nasional agar bisa bersaing dengan bank-bank lain di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Kuangan (OJK) menargetkan setidaknya ada 5 perbankan nasional bisa memiliki level standar Asia.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad mengaku, saat ini OJK selaku otoritas industri perbankan tengah mengupayakan agar setidaknya lima bank nasional bisa memiliki level standar Asia.

"Indonesia paling tidak harus ada 4 sampai 5 bank yang bisa menjadi Qualified Asian Bank, atau malah kita lebih dari itu, tergantung perkembangan industri keuangan nasional, kami sedang berupaya itu," kata Muliaman di kantornya di Kompleks Bank Indonesia, Jumat (12/9/2014).

Dikatakan Muliaman, saat ini OJK bersama Bank Indonesia tengah berkomunikasi dengan beberapa otoritas perbankan di Asia untuk menentukan standar kualitas perbankan untuk dapat ekspansi di Asia.

‎Tidak hanya itu selain menentukan standar kompetensi perbankan Asia, nantinya OJK bersama BI juga melakukan komunikasi secara bilateral oleh pemerintahan negara-negara di asia seperti China, Jepang dan Korea untuk memperluas pasar di negara tersebut.

‎"Tentu kami harapkan tidak hanya bank pemerintah, tapi bank swasata juga yang bisa kami usung, tentu harus memenuhi persyaratan, karena ini hubungannya lintas negara, tentu yang bisa masuk yang bisa memenuhi indikator internasional," jelas Muliaman.

Hanya saja Muliaman belum bisa memastikan kapan Qulified Asian Bank tersebut bisa segera di rampungkan untuk kemudian mampu memeprmudah perbankan Indonesia dalam melakukan ekspansi ke beberapa negara lain. (Yas/Gdn)‎


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • perbankan