Sukses

Usai Pengumuman Struktur Kabinet Jokowi, IHSG Turun Tipis

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah tipis 4,8 poin menjadi 5.140,07 pada sesi pertama perdagangan saham hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman struktur kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) diharapkan memberi sentimen positif untuk gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Akan tetapi, IHSG cenderung melemah tipis pada sesi pertama perdagangan saham hari ini.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham hari ini, IHSG melemah tipis 4,8 poin atau 0,09 persen menjadi 5.140,07. Indeks saham LQ45 turun 0,08 persen menjadi 869,62.

Pada sesi pertama hari ini, IHSG sempat di level tertinggi 5.156,72 dan terendah 5.131,58. Pelemahan indeks saham didorong dari 137 saham melemah. Sebanyak 116 saham dapat berada di zona hijau sehingga menahan pelemahan IHSG. Sementara itu, 91 saham diam di tempat.

Analis PT Samuel Sekuritas, Aiza menuturkan, pengumuman struktur menteri di pemerintahan Joko Widodo akan memberikan sentimen positif untuk IHSG. Pertama, 53 persen menteri atau sekitar 18 menteri berasal dari profesional yang pemerintahan sebelumnya hanya 38 persen.

Kedua, empat menteri strategis yaitu menteri ESDM, BUMN, pertanian, dan keuangan berasal dari profesional. Sebelumnya ESDM dan pertanian berasal dari partai. Ketiga, wakil menteri kemungkinan hanya satu dari sebelumnya 17.

Menurut Aiza, sentimen positif untuk IHSG juga berasal dari penerimaan negara  yang direvisi naik pada 2015 seiring dengan kenaikan asumsi produksi minyak menjadi 900 ribu barel per hari sebelumnya 845 ribu barel per hari akibat blok Cepu yang beroperasi penuh.


Sementara itu, pengamat pasar modal Reza Priyambada menilai, pengumuman struktur kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) tidak ada spesical. Sehingga itu tidak terlalu mempengaruhi IHSG. "Biasa saja. Ini karena yang diumumkan baru struktur kabinetnya saja," kata Reza, saat dihubungi Liputan6.com.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 131.276 kali dengan volume perdagangan 1,81 miliar saham. Nilai transaksi harian saham mencapai Rp 2,02 triliun.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham melemah kecuali sektor saham pertambangan naik 0,10 persen, sektor saham infrastruktur naik 0,14 persen, dan sektor saham perdagangna menguat 0,30 persen.

Sementara itu, investor asing masih melanjutkan aksi jual bersih sekitar Rp 233 miliar. Pemodal lokal melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 200 miliar.

Kemarin Jokowi mengumumkan ada 34 menteri yang akan membantu kabinet di pemerintahannya. Kabinet itu berisi 18 menteri dari kalangan profesional dan 16 menteri dari profesional partai. (Ahm/)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini