Sukses

Laba Seluruh BUMN Dikumpulkan, Masih Kalah dari Petronas

Laba seluruh BUMN di Indonesia sekitar US$ 13 miliar pada 2013, sedangkan laba Petronas mencapai US$ 20 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini mencatat sebanyak 138 perusahaan masih menjadi hak saham oleh pemerintah‎.

Jumlah tersebut disebut masih terlalu banyak jika dibandingkan dengan beberapa negara maju lainnya yang lebih mengutamakan sistem holding sehingga hanya terdapat sedikit perusahaan pelat merah.

Namun begitu, banyaknya perusahaan milik pemerintah Indonesia tersebut masih memiliki laba yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan satu perusahaan di Malaysia yaitu Petronas.

"Laba seluruh BUMN di Indonesia sekitar US$ 13 miliar pada 2013, sedangkan laba Petronas mencapai US$ 20 miliar. Inikan kurang etis," kata Wakil Ketua Konvederasi Serikat Pekerja BUMN, Adi Lazuardi‎ di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Adi mengungkapkan, kurangnya jumlah laba yang dicetak BUMN  tersebut mengingat keterbatasan aksi korporasi beberapa perusahaan BUMN besar layaknya PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

Tidak hanya itu, dari sisi manajemen, perusahaan-perusahaan BUMN saat ini masih kurang merangkul para serikat pekerja.

"Itu juga kesalahan manajemen yang kurang melibatkan serikat pekerja dalam memajukan perusahaan," tegasnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini