Sukses

RI Ekspor Innova Sampai Peralatan Masak ke Timur Tengah

Pasar ekspor mobil hingga peralatan masak Indonesia tersebar ke berbagai negara, terutama ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut mobil produksi Indonesia laris manis diserbu negara lain. Innova dan Fortuner merupakan dua merek mobil yang banyak diekspor ke Timur Tengah sehingga mendorong peningkatan realisasi ekspor di Agustus 2014.

"Ekspor Innova dan Fortuner banyak ke negara Timur Tengah. Kita juga ekspor  peralatan masak, kompor untuk bikin kopi ikut mengalami kenaikan," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Dia menyebut, ekspor mobil dan peralatan masak sampai coffee maker bernilai US$ 200 ribu dan menanjak tajam hingga US$ 200 juta di Agustus 2014.

"Yang terganggu dan agak menurun memang ekspor pakaian ke Amerika Serikat (AS) untuk musim panas, tapi musim ini sudah lewat musimnya. Kalau pakaian musim dingin mereka lebih jago. Kita tidak sebagus buatan mereka," ucapnya.

Dia menyebut, pasar ekspor mobil hingga peralatan masak Indonesia tersebar ke berbagai negara, terutama pasar ASEAN. "Filipina, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam. Porsinya masih kecil karena paling banyak di Timur Tengah," tandas Sasmito. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini