Sukses

IMF Bakal Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global

Berbagai konflik geopolitik memunculkan kemungkinan IMF memangkas laju pertumbuhan perekonomian global.

Liputan6.com, Washington- Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan, laju pertumbuhan perekonomian dunia kini kian melemah. Bahkan dia mengatakan, pelemahan tersebut berada di bawah prediksi IMF enam bulan lalu.

"Perekonomian global dapat tertahan dalam laju pertumbuhan uang lambat untuk jangka waktu cukup panjang," kata Lagarde seperti dikutip dari CNBC, Jumat (3/10/2014).

Melihat kondisi tersebut, Lagarde mengumumkan kemungkinan IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini. Dia bahkan mengatakan, perlambatan tersebut akan terus terjadi hingga tahun depan, di mana ekonomi dunia akan menunjukkan sedikit pertumbuhan.

"Ya, terdapat pemulihan tapi kita semua juga tahu dan merasa bahwa pada saat yang bersamaan, pertumbuhan terasa sangat lamban. Terlebih lagi, lowongan pekerjaan yang tersedia juga tidak cukup baik," ungkap Lagarde.

Dia juga melihat adanya awan mendung yang akan menghalangi pertumbuhan ekonomi dunia. Mantan menteri keuangan Prancis ini juga mengingatkan pengeluaran sejumlah negara yang telah terlalu besar.

Lagarde menyebutkan adanya sejumlah risiko ekonomi karena konflik geopolitik di Ukraina, Timur Tengah dan Afrika Barat. Maklum saja, sejumlah konflik geopolitik telah mengguncang banyak pasar keuangan di berbagai pelosok dunia dalam beberapa tahun terakhir. (Sis/Ndw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.