Sukses

Sosialisasikan T-Pass, Jasa Marga Tukarkan Mesin OBU Gratis

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman menuturkan, pihaknya memasang sistem t-pass secara gratis untuk tukar mesin OBU.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama PT Telkom (Persero) telah melakukan uji coba penerapan sistem t-pass di gerbang tol Kalimalang II pada Jumat (3/10/2014). Uji coba itu mengganti sistem e-toll pass yang sebelumnya dinyatakan gagal.

Untuk menggalakkan penggunaan sistem baru tersebut, Jasa Marga menawarkan penukaran mesin On Board Unit (OBU) lama dengan mesin OBU baru.

"Kalau yang punya OBU lama, datang ke Jasa Marga, kami tukar, tidak usah beli, gratis nanti langsung kita pasangkan sistemnya di mobil," kata Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman di pintu tol Kalimalang II, Jumat (3/10/2014).

‎Adityawarman menambahkan untuk saat ini masih dalam proses uji coba, penukaran tersebut dapat dilakukan di kantor Jasa Marga jika nantinya sudah resmi diterapkan.

Jasa Marga sendiri akan mulai menerapkan pada awal 2015 dengan target awal pemasangan sistem t-pass di 10 gerbang tol yang ada di sekitaran Jakarta.

"Awal tahun kami harapkan dapat beroperasi yang 10 target itu dan mengenai lokasinya nanti kami survei dulu. Soalnya akan percuma kalau kita pasang di gerabgn tol yang macet karena padat jalannya seperti di Cililitan," papar Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk.

Sistem t-pass sendiri saat ini sudah diterapkan di beberapa negara maju seperti Italia dan Malaysia. Jasa Marga sendiri mengungkapkan dala‎m satu gardu, investasi satu sitem mencapai Rp 500-600 juta. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.