Sukses

OJK Diminta Bikin Regulasi Biar Nelayan Mudah Dapat Kredit

Sekarang ini perbankan masih terlalu berhati-hati memberikan kepercayaan pada sektor kelautan dan perikanan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha berharap adanya dorongan dari segi permodalan untuk kembangkan sektor usaha perikanan dan kelautan. Sebab itu mereka meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menggodok regulasi khusus guna menggenjot penyaluran kredit pada sektor tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto menilai sekarang ini perbankan masih terlalu berhati-hati memberikan kepercayaan pada sektor kelautan dan perikanan. Pasalnya, kredit sektor kelautan dan perikanan dianggap rawan permasalahan kredit macet.

"Seharusnya tidak disamaratakan. Tidak semua subsektor dalam usaha kelautan dan perikanan itu berisiko tinggi dan menyebabkan kredit macet," kata dia, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Padahal, lanjut dia potensi dari sektor tersebut terhitung bagus.Terlebih kelautan dan perikanan bakal menjadi akan menjadi program unggulan pemerintahan ke depan.

"Pak Jokowi ingin jadi poros maritim dunia, saya rasa ini momen yang tepat," tuturnya.

Kadin tak hanya meminta OJK membuat regulasi, dia mengatakan untuk mendorong sektor kelautan dan perikanan melalui penguatan organisasi koperasi nelayan.

"Kemudahan kredit dari perbankan juga penguatan koperasi nelayan akan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi sektor kelautan dan perikanan," tandas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.