Sukses

Fondasi Tanggul Raksasa Jakarta Ditancapkan Hari Ini

Rencananya groundbreaking proyek Tanggul Raksasa Jakrta akan dilakukan Chairul Tanjung (CT) di Pluit, Jakarta Utara pukul 16.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pembangunan Tanggul Raksasa Jakarta akhirnya dimulai juga. Rencananya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung akan  meresmikan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Tanggul Raksasa Jakarta (Giant Sea Wall) tahap A sepanjang 33 Kilometer di Utara Jakarta pada Kamis (9/10/2014). 

Pembangunan dinding penahan air ini merupakan fase awal dari keseluruhan megaproyek The National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) senilai Ro 500 triliun.    

Dari agenda yang diterima Liputan6.com, rencananya groundbreaking akan dilakukan Chairul Tanjung (CT) di Pluit, Jakarta Utara pukul 16.00 WIB. 

Sebelumnya, CT mengatakan, pemerintah akan membangun bendungan atau dinding penahan air sepanjang 33 km. Mulai dari perbatasan DKI Jakarta-Jawa Barat sampai perbatasan DKI Jakarta-Banten. 
 
"Dari 33 Km yang harus digarap, sepanjang 8 Km-nya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat atau pemerintah DKI Jakarta," terangnya.
 
Target penyelesaian tanggul raksasa tahap pertama dalam waktu tiga tahun. Pasalnya proyek ini mendesak untuk digarap demi melindungi Ibukota dari banjir akibat penurunan tanah dan kenaikan air laut di Jakarta. 
 
"Perubahan iklim membuat tanah di Jakarta amblas, air laut naik sehingga menyebabkan banjir. Tanggul ini juga berfungsi sebagai pusat air baku di Ibukota karena penyedotan air tanah secara masif dilakukan sehingga tanah turun lebih cepat," papar dia. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini