Sukses

Nias Bakal Punya Bandara yang Bisa Tampung Pesawat F-50

Pemerintah Kabupaten Nias, Sumut ini juga akan membantu percepatan pembangunan dan pengembangan Bandara Binaka dengan menggunakan APBD.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membangun serta mengembangkan Bandara Binaka di Kabupaten Nias, Sumatera Utara (Sumut).

Bandar Udara Binaka terletak di Kecamatan Gunung Sitoli, Sumut. Bandara ini memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 1.800 meter x 30 meter. Dengan begitu, bandara ini mampu menampung pesawat jenis F-50.

Kolaborasi ini ditunjukkan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Sekretaris Jenderal selaku Plt Dirjen Perhubungan Udara Santoso Eddy Wibowo dengan Bupati Kabupaten Nias Sukhiatulo Laoli di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2012 tentang Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Bandar Udara, Pasal 27,  pembangunan dan pengembangan bandar udara dapat dibiayai dari pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dan telah termuat dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor PM 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan.

Syaratnya, bandara itu berada di wilayah terisolasi dan perbatasan Indonesia, berlokasi di daerah rawan bencana dan belum diselenggarakan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara Pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Nias, Sumut ini juga akan membantu percepatan pembangunan dan pengembangan Bandara Binaka dengan menggunakan APBD.

"Kami telah menyediakan lahan, siap membangun fasilitas sisi darat bersama Ditjen Perhubungan Udara dengan ikut sertakan Pemprov Sumut," ucap Sukhiatulo.

Sedangkan pemerintah pusat membangun sisi udara Bandara Binaka dan bersama Pemerintah Kabupaten Nias menggarap sisi darat bandara. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.