Sukses

Kementerian Perhubungan Siapkan Rp 6 Triliun Bangun Bandara

Kementerian Perhubungan siapkan dana Rp 6,2 triliun untuk membangun bandara baru pada 2015. Dana itu berasal dari penghematan anggaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelontorkan anggaran Rp 6,2 triliun  untuk membangun bandara-bandara baru pada 2015. Anggaran itu bersumber dari penghematan anggaran perjalanan dinas dan rapat.

"Kami siapkan Rp 6,2 triliun untuk pembangunan fisik atau konstruksi bandara. Ditambah (sarana dan prasarana) udara menjadi lebih dari Rp 10 triliun," ucap Sekretaris Jenderal sekaligus Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Santoso Eddy Wibowo di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Ia menambahkan, dana itu berasal dari penghematan anggaran perjalanan dinas dan rapat di tahun depan. Anggaran tersebut, sambung Santoso, digunakan untuk membiayai pembangunan bandara di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Kami bangun bandara merata, tapi bukan di Timur Indonesia saja. Kami utamakan bandara-bandara di perbatasan dan rawan bencana," ujar Santoso.

Salah satu bandara yang memperoleh dukungan pendanaan dari Kemenhub, tambah dia, bandara Binaka di Kabupaten Nias, Sumatera Utara (Sumut). Pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran sekira Rp 100 miliar untuk mengembangkan bandara kelas III tersebut.

"Dana APBN untuk pengembangan bandara di Nias sekira Rp 50 miliar-Rp 100 miliar yang dimulai pada tahun depan, termasuk memperpanjang runway. Target selesai 2016," pungkas Santoso. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini