Sukses

Ini Tiga Pekerjaan Berat Mendag Era Jokowi

Setidaknya ada tiga pekerjaan rumah (PR) yang harus diemban Menteri Perdagangan (Mendag) pada era Jokowi nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan segera berakhir dalam waktu kurang dari 10 hari lagi. Seluruh menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu II juga harus melepaskan jabatannya.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengatakan setidaknya ada tiga pekerjaan rumah (PR) yang harus diemban Menteri Perdagangan (Mendag) pada era Jokowi nanti.

Pertama yaitu menjaga tingkat inflasi dan harga bahan kebutuhan pokok. Hal ini penting dilakukan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan.

"Saya rasa yang akan terus diminta yaitu menjaga inflasi, kebutuhan pokok masyarakat harus terus diperhatikan," ujarnya di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

PR kedua yaitu menggenjot ekspor Indonesia. Sebab jika kinerja ekspor terus menurun sementara impor tidak bisa dikendalikan, maka akan membawa efek buruk bagi pertumbuhan ekonomi.

"Neraca harus terus dijaga, kita harus terus tekan defisit di migas, dan kemudian terus genjot surplus non migasnya," lanjutnya.

Dan ketiga yang tak kalah penting, Mendag era Jokowi juga harus harus tetap melakukan pembinaan, pengembangan, serta perbaikan dalam berbagai infrastruktur perdagangan.

"Baik institusional infrastruktur, maupun termasuk programnya Pak Jokowi soal pasar rakyat itu. Jadi saya kira Mendag yang baru pun akan tetap menjalankan tiga hal itu," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Mendag