Sukses

Pemerintah Pasok Kebutuhan Listrik Sumatera dari Malaysia

Dalam satu hari wilayah di Sumatera Utara bisa mengalami mati listrik hingga 3-5 kali.

Liputan6.com, Deli Serdang - Sumatera termasuk salah satu pulau di Indonesia yang hingga saat ini masih terjadi kekurangan pasokan listrik. Alhasil, pemerintah terus memutar otak untuk bisa memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Sumatera Utara.

Maklum, dalam satu hari wilayah di Sumatera Utara bisa mengalami mati listrik hingga 3-5 kali. Pemerintah hingga saat ini terus berupaya membangun infrastruktur kelistrikan di wilayah Sumatera‎, mulai dari pembangkit listrik, hingga transmisi tegangan tinggi bawah tanah.

Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera yang setiap tahun terus bertambah, pemerintah berencana bakal membeli listrik dari negara tetangga yaitu Malaysia.

"Kita sudah membicarakan dengan pemerintah Malaysia untuk mengkoneksikan jaringan listrik 500 kv dengan mereka," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung di Deli Serdang seperti yang ditulis, Sabtu (11/10/2014).

Saat ini pemerintah Indonesia tengah melakukan pembangunan jaringan listrik‎ 500 kilo volt (kv) di sepanjang Sumatera untuk sebelum dikoneksikan dengan Malaysia.

CT Menambahkan dengan terkoneksinya jaringan listrik ke Malaysia, hal itu akan menguntungkan kedua negara terutama dalam menghemat biaya pembangunan pembangkit untuk memenuhi kebutuhan listrik.

"Beban puncak di Malaysia itu terjadi kalau siang hari, sementara kita kalau malam hari, jadi kalau siang kita bisa jualan listrik ke sana dan kalau malam Malaysia bisa jualan listrik ke kita," papar dia. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini