Sukses

3 Hal yang Ditunggu Investor Asing Terjadi di Indonesia

Tak ketinggalan, para investor asing dan para pelaku pasar lain terus memantau pergerakan politik saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Keriuhan politik tercatat masih mewarnai laju perekonomian di Tanah Air. Tak ketinggalan, para investor asing dan para pelaku pasar lain terus memantau pergerakan politik saat ini.

Pengamat Ekonomi dan Pasar Fauzi Ichsan menilai, terdapat tiga hal yang kini menyedot perhatian para investor asing.

"Pertama, seberapa mulus pelantikan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober mendatang. Jika berjalan aman, maka rupiah juga akan bergerak menguat," terangnya usai menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk `Prediksi Ekonomi di Tengah Polarisasi Politik Nasional` di Jakarta, Sabtu (11/10/2014).

Yang kedua adalah seberapa akomodatif kabinet Jokowi nanti terhadap politisi Koalisi Merah Putih. Fauzi menerangkan, para investor kini tengah panik dan cemas menghadapi kemungkinan penjegalan berbagai program Jokowi mengingat KMP menguasai parlemen selama lima tahun ke depan.

"Kembali lagi bahwa investor dan para pelaku pasar itu pragmatis," kata dia.

Faktor terakhir yang kini menjadi fokus para pelaku pasar adalah tentang seberapa berani pemerintah Jokowi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Tentunya, hingga saat ini investor sudah mengetahui adanya kemungkinan Jokowi berani menaikkan harga BBM senilai Rp 3.000/liter pada November. (Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Investor

Video Terkini