Sukses

Realisasi Investasi Triwulan III Tembus Rp 119 Triliun

BKPM mencatat realisasi investasi PMDN dan PMA pada triwulan III 2014 tembus Rp 119,9 triliun menunjukkan kepercayaan investor.

Liputan6.com, Jakarta - Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) Triwulan III periode Juli-September 2014 mencapai angka Rp 119,9 Triliun.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman  Modal (BKPM), Mahendra Siregar mengatakan, angka ini mengalami peningkatan sebesar 19,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013. Bahkan angka ini kembali memecahkan rekor tertinggi dibandingkan capai investasi sebelumnya.

"Realisasi PMDN mencapai Rp 41,6 triliun. Angka itu meningkat 24,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan PMA mencapai Rp 78,3 triliun atau mengalami pertumbuhan 16,9 persen," ujar Mahendra di Kantor BKPM, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Mahendra menjelaskan kinerja investasi di triwulan III tahun ini tetap berlangsung baik dan meningkat meski ada pemilihan presiden (pilpres) dan transisi pemerintahan.

"Hal ini memperlihatkan kepercayaan investor terhadap kondisi fundamental ekonomi dan politik Indonesia, serta prospek pertumbuhan ekonomi ke depan terjaga dengan baik," lanjutnya.

Mahendra mengungkapkan kinerja secara total selama 9 bulan pertama tahun ini yang menunjukkan pertumbuhan investasi 16,8 persen. Angka ini telah melampaui target investasi yang dipatok sebesar 15 persen.

"Pada triwulan III ini sudah berada di atas target 15 persen yang kami tetapkan revisinya pada beberapa waktu lalu untuk dicapai tahun ini. Ini berarti sampai September target 15 persen ini sudah terlampaui. Sehingga pada sisa tahun 2014 kita optimis bisa dijaga setidaknya 15 persen sasaran sudah bisa dicapai," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini