Sukses

Suku Bunga The Fed Naik, RI Jangan Andalkan Utang Luar Negeri

Menteri Keuangan, Chatib Basri mengusulkan cara antisipasi kondisi ekonomi global kepada pemerintahan baru Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) diminta untuk tetap waspada demi mencegah apapun kemungkinan yang terjadi termasuk rencana bank sentral Amerika Serikat (AS)/The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga.

Menteri Keuangan, Chatib Basri mengakui ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kondisi ekonomi global terutama yang diakibatkan oleh normalisasi kebijakan bank sentral AS/The Fed.

"‎Kalau misalnya itu terjadi yang harus dijaga adalah jangan sampai sumber pembiayaan banyak tergantung dari eksternal," kata Chatib di kantornya, Jumat (17/10/2014).

Adapun cara meningkatkan pembiayaan domestik dengan cara penurunan defisit current account diperkecil yang nantinya secara langsung akan mempengaruhi pengurangan kebutuhan pembiayaan pemerintah.

Hal yang membuat Chatib sedikit lega terkait penawaran ORI ritel 2014‎ yang menurut Chatib, penawarannya cukup diminati masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan dalam waktu dua minggu dana yang terkumpul sebanyak Rp 15 triliun.

"Kemarin juga lelang SUN menghasilkan income Rp 32 triliun, tapi memang dari itu 37 persennya masih asing, paling tidak itu menandakan kalau masih percaya dengan Indonesia dengan mengambil tenor jangka panjang," paparnya. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini