Sukses

Lakukan Cara Ini Biar Anak Bisa Kelola Keuangannya

Orang tua perlu memberikan contoh-contoh mengelola keuangan dan membiasakan anak untuk mandiri secara finansial

Liputan6.com, New York - Pendidikan tentang manajemen keuangan perlu diterapkan kepada anak sejak dini. Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa menata masa depannya lebih baik.

Sayangnya, manajemen keuangan untuk anak tidak cukup dengan pendidikan formal saja. Untuk memberikan pengetahuan kepada anak mengenai mengelola keuangan perlu usaha ekstra keras dari orangtuanya.

Artinya, orang tua perlu memberikan contoh-contoh mengelola keuangan dan membiasakan anak untuk mandiri secara finansial agar ke depannya anak bisa merdeka dalam hal finansial.

Dilansir dari laman lifehack, Minggu (26/10/2014) ada 4 tips yang bisa diterapkan bagi orang tua agar seorang anak terbiasa mengatur keuangannya:

1. Celengan

Sebuah celengan harus menjadi perlengkapan di kamar setiap anak. Sebagai orang tua, Anda harus mengajarkan cara menabung, mengeceknya, dan memastikan ada perubahan kuantitas di celengan tersebut.

Mulanya, anak merespon dengan biasa apa yang Anda lakukan. Namun pada akhirnya, cara tersebut bakal ampuh untuk mengembangkan rasa kepemilikan dan ingatan yang positif pada tabungan.

2. Membuka Stand Minuman

Membuka stand minuman akan mengajarkan anak Anda bagaimana pentingnya memiliki uang. Dengan menawarkan minuman kepada orang-orang yang lewat maka seorang anak mengerti tentang pasokan, permintaan, pendapatan, dan beban pengelolaan.

3. Membagi-bagi Celengan

Anda mesti memberikan pemahaman kepada anak, untuk memperluas gagasan tentang celengan. Celengan tidak hanya untuk tabungan, namun di dalammya juga terdapat biaya pengeluaran.

Maka dari itu perlunya dilakukan membagi celengan menjadi beberapa botol atau tempat. Ada celengan untuk tabungan. Ada celengan untuk belanja kecil dan jangka pendek seperti permen. Lalu celengan untuk belanja jangka panjang seperti lego atau video game baru.

4. Penawaran untuk dapatkan uang lebih

Ada kalanya orang tua juga memberikan imbalan atas pekerjaan rumah di luar rutinitasnya. Contohnya, imbalan memotong rumput. Hal ini dilakukan menanamkan etos kerja yang kuat dan mental untuk usaha. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.