Sukses

Jadi Menteri Lagi, Sofyan Djalil: Saya Itu Batman Returns

Sebelum masuk Kabinet Kerja Jokowi, Sofyan pernah menjabat sebagai Menteri BUMN dan Menkoinfo.

Liputan6.com, Jakarta - Ditunjuk menjadi bagian dari jajaran menteri bukanlah hal yang baru bagi Sofyan Djalil. Sebelum bergabung sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabinet Kerja Jokowi, Pria berkacamata ini penah menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Komunikasi dan Informasi.
 
Dengan segala pengalaman dirinya di pemerintahan, Sofyan mengaku memiliki sitilah tersendiri mengingat diberikannya kepercayaan kepadanya oleh Presiden Joko Widodo.
 
"Kalau kita mengenal istilah film, itu saya Batman Returns, tahu film itu kan," katanya di Istana Negara, Senin (27/10/2014.
 
Dengan menggunakan batik lengan panjang dan peci hitam, Sofyan mengaku tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti acara pelantikan. Bahkan baju batik yang dipakainya adalah koleksi lama yang dimiliknya.
 
"Tidak ada persiapan khusus. Batik ini batik lama, tidak baru," kata Sofyan.
 
Sofyan berasal dari keluarga sederhana di wilayah Peureulak Aceh Timur. Semasa kecil, ayahnya berprofesi sebagai tukang cukur dan ibunya seorang guru ngaji. Beranjak dewasa, Sofyan hijrah ke Jakarta dan sempat menjadi penjaga mesjid di Menteng Raya 58 dan pernah juga menjadi kondektur Metromini.

Sofyan mengeyam pendidikan tinggi di  Fakultas Hukum Universitas Indonesia  bidang studi Hukum Bisnis dan lulus sebagai Sarjana Hukum (SH) pada 1984. banyak gelar pendidikan yang disandang olehnya. Ia mempunyai gelar Master of Arts (M.A.) dari The Graduate School of Arts and Sciences, Tufts University, Medford, Massachusetts, Amerika Serikat, bidang studi Public Policy pada 1989.

Selain itu, Sofyan juga mendapat gelar Master of Arts in Law and Diplomacy (M.A.L.D.) The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, bidang studi International Economic Relation pada 1991.

Ia juga mempunyai gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dari The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, bidang studi International Financial and Capital Market Law and Policy, tahun 1993.

Saat ini, Sofyan menjabat posisi penting dalam beberapa perusahaan dan lembaga seperti Komisaris Independen, PT Kimia Farma, Pengurus di Lembaga Komisaris dan Direktur Indonesia (LKDI), Anggota Badan Arbitrasi Pasar Modal Indonesia (BAPMI), Anggota Tim Ahli Komite Nasional Good Corporate Governance, Anggota Tim Pakar Departemen Kehakiman dan HAM RI. (Yas/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini