Sukses

2 Srikandi Ekonomi Pemanis Kabinet Jokowi-JK

Terdapat dua wanita yang menghiasi sektor ekonomi di Kabinet Jokowi JK. Siapa saja kedua wanita tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Nama Sri Mulyani yang semula santer terdengar akan menduduki posisi orang nomor satu di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kabinet Joko Widodo (Jokowi) ternyata tidak muncul dalam pengumuman Kabinet Kerja tersebut. Sebaliknya, terdapat dua wanita yang menghiasi sektor ekonomi di Kabinet Jokowi JK.

Kedua wanita tangguh tersebut adalah Rini Mariani Soemarno sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Rini merupakan Ketua Tim Transisi Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) sebelum akhirnya menjabat sebagai Menteri BUMN. Ini bukan kali pertama Rini duduk di kursi kabinet, sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan di Kabinet Gotong Royong.

Rini lahir di Maryland, Amerika Serikat pada 9 Juni 1958. Sejak kecil, dirinya terbiasa hidup di luar negeri mengikuti sang ayah yang memang bertugas di sana.

Berikutnya adalah Susi Pudjiastuti yang namanya masih asing di telinga publik. Wanita asal Pangandaran, Jawa Barat ini awalnya hanya seorang pengepul ikan.

Dirinya berhasil mengembangkan bisnis perikanannya hingga ke luar negeri. Kini dia melepaskan jabatannya sebagai CEO Susi Air dan memilih menemami Jokowi mengemban tugas kenegaraan hingga lima tahun ke depan.

Berikut dua srikandi di sektor ekonomi Kabinet Jokowi-JK seperti dirangkum Liputan6.com, Senin (27/10/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rini Soemarno

1. Menteri BUMN: Rini Mariani Soemarno

Tanggal Lahir: 

9 Juni 1958

Pendidikan:

Sarjana Ekonomi lulusan 1981 dari Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat.

Karir:

  • 2008-...: Komisaris Aora TV
  • 2001-2005:Presiden Direktur PT Kanzen Motor Indonesia
  • 2001-2004: Menteri Perindustrian dan Perdagangan Kabinet Gotong Royong
  • 2000-2001: Presiden Direktur PT Semesta Citra Motorindo
  • 1998-2000: Presiden Direktur PT Astra Internasional

3 dari 3 halaman

Susi Pudjiastuti

2. Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti


Tanggal Lahir: 

15 Januari 1965

Pendidikan:

SMP

Karir:

Pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

 

(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.